Berita

Upaya memperkuat kelembagaan kelompok dampingan terus diupayakan Care Internasional. Setelah melakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok masyarakat di 4 Desa dan 2 Kelurahan di wilayah Kabupaten dan Kota Kupang beberapa tahun ini, Lembaga Swadaya Internasional ini menggelar workshop penyusunan mekanisme kerja kelompok dampingan. Kegiatan yang  melibatkan pengurus dan anggota dari masing-masing kelompok dampingan ini dilakukan di Olive Hotel (16 – 18/05/2016).

 

Suasana Workhshop Kegiatan Penguatan Kelembagaan yang Diselenggarakan Care Internasional di Hotel Olive (16/05/2016)

 

Program Manager Care Internasional, Magdalena Yuanita  Wake dalam pembukaan kegiatan menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini adalah menghasilkan draft rancangan sistem dan mekanisme kerja kelompok  dampingan. Sistem dan mekanisme yang hendak dihasilkan itu berupa penyusunan draft anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan standar operasional prosedural organisasi masing-masing kelompok dampingan. “Untuk memfinalkan draft akan dilakukan dimasing-masing kelompok bersama anggota kelompok lain yang akan didampingi oleh fasilitator lapangan” tandas aktivis perempuan berambut cepak ini menjelaskan.

Sementara itu Field Coordinator, Ita Sarinah dikesempatan yang sama menguraikan  bahwa penguatan kelembagaan ini merupakan bentuk perhatian Care Internasional agar proses pendampingan teknis yang selama ini dilakukan terus berlanjut. “Target kami adalah organisasi dampingan harus mandiri dengan meneruskan usaha yang telah dikembangkan. Oleh karena itu perlu ada pengaturan melalui penyusunan sistem dan mekanisme kerja organisasi”.

Marthen dari Desa Tuapukan, salah seorang peserta disesi akhir kegiatan menyampaikan bahwa pembelajaran yang didapat selama workshop sangat bermanfaat. “Selama ini kami berjalan apa adanya, kami berjalan tanpa SOP.  Dengan pelatihan ini kami bisa tau peran ketua, bendahara dan anggota lainnya”.  Kegiatan ini difasilitasi Laurens Sayrani dari FISIP Undana dan Eusabios Niron dari FISIP Unika. Kegiatan pengatan kapasitas kelembagaan kelompok dampingan dilakukan oleh Bengkel APPeK NTT. *Vitto

 

 

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media