Berita

Perkumpulan Bengkel APPeK NTT kini tengah mempersiapkan personalia pemantau pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kupang tahun 2017.  Kegiatan pemantauan proses pelaksanaan Pilwalkot ini merupakan upaya Bengkel APPeK dan jejaring lainnya dalam meningkatkan kualitas demokrasi di Kota Kupang. Hal ini disampaikan Koordinator Umum Bengkel APPeK NTT,  Vinsen Bureni, Senin 14/06/16. “Dalam rangka meningkatkan partisipasi dan pengawasan terhadap penyelenggaran Pilwalkot tahun 2017 maka Bengkel APPeK NTT dan jejaring lainnya akan melakukan pemantauan terhadap seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Kota Kupang. Kita memiliki jejaring seperti forum perempuan yang tersebar disebagian besar kelurahan dan komunitas anak muda YRC yang selama ini telah berpengalaman dalam melakukan pemantauan tahapan pemilu/pilkada dan penyelenggaraan pelayanan publik lainnya. Kekuatan ini akan kita gerakan dalam mendorong partisipasi dan pengawasan sehingga pemimpin Kota Kupang yang dilahirkan dari perhelatan ini bebas dari praktek pelanggaran pemilu ” sebut Bureni.

 

Menurut Bureni pengalaman pemantauan sejak penyelenggaraan pilkada langsung pertama pada tahun 2007 sampai dengan pemilihan presiden 2014 menjadi modal bagi pelaksanaan pemantauan kali ini. “Kita sudah  memiliki pengalaman pemantauan dan karenanya tahapan-tahapan krusial terjadinya pelanggaran akan kita beri perhatian khusus. Untuk itu kita juga meminta kepada masyarakat Kota Kupang agar secara aktif melakukan pengawasan dan melaporkan kepada pihak berwewenang apabila ditemukan pelanggaran sesuai dengan tahapan yang ditetapkan KPU Kota Kupang. Saat ini kita sedang mempersiapkan dokumen untuk mendapatkan akreditasi dari penyelenggara dalam hal ini KPU Kota Kupang”.  *Vitto

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media