Berita

Proses advokasi isu kelompok rentan dan disabilitas lebih kompleks, panjang dan rumit. Mengingat arena perencanaan dan penganggaran di pemerintah kota memiliki basis administrasi dan politis yang sangat kuat. Walaupun kelurahan bukan menjadi basis perencanaan dan penganggaran secara politis dan administratif tetapi alur perencanaan penganggaran di mulai dari kelurahan. Merespon situasi tersebut Bengkel APPeK NTT didukung Handicap International menggelar workshop pengembangan modul advokasi perencanaan penganggaran tingkat kelurahan, Selasa, 4/10/2016.

Peserta Workshop yang difasilitasi Laurens Sayrani. (Dok. bengkelspprk.org)

Umparu Rangga Landuawang, Program Oficer kepada bengkelappek.org menjelaskan bahwa tujuan dari workshop ini adalah melahirkan modul dan menemukan metode advokasi perencanaan penganggaran tingkat kelurahan yang lebih partisipatif dan berpihak pada isu kelompok rentan dan disabilitas. “Workshop ini ingin mendapatkan in put dari seluruh steakholder dalam proses advokasi perencanaan penganggaran ditingkat kelurahan. Selain itu juga menguatkan isu disabilitas baik dalam pemahaman maupun dalam praksis kebijakan ditiap proses perencanaan dan penganggaran ditingkat kelurahan” sebut Nezta sapaan karibnya.

Pantauan bengkelappek.org, kegiatan workshop ini diikuti oleh Pemerintah Kelurahan, BAPPEDA, Badan Pemberdayaan Perempuan, BPMK, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Nakertrans. Selain itu kegiatan yang berlangsung di Hotel Ima tersebut dihadiri juga oleh Disabilitas People Organization (DPO), perempuan marginal dan lembaga swadaya masyarakat lainnya. Kegiatan workshop ini difasilitasi Lauren Sayrani, akademesi FISIP Undana dan peneliti Bengkel APPeK NTT. *Vitto

 

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media