Berita

Sekelumit cerita inspiratif datang dari SDN Batu Esa di Desa Sumlili Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Cerita haru ini diulangi ketua komite sekolah kepada bengkelappek.org saat bertandang kekediamannya, Kamis, 17/11/2016. Menurut Pdt. Eben, demikian ia disapa, pada awal Oktober saat terik mentari menyengat, SDN Batu Esa yang masih memiliki 3 ruangan  beratap gewang bocor dibeberapa bagiannya. Keadaan atap yang bocor ini membuat beberapa siswa/i yang sedang mengikuti kegiatan belajar mengajar mengalami kepanasan dibakar mentari.

 

Kondisi Ruang Kelas 2 dan 3 SDN Batu Esa Desa Sumlili

Aron Tomasui, siswa kelas 3 SD yang dikenal “nakal” disekolahnya saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, berinisiatif memperbaiki atap ruang kelasnya yang bocor. Aron tanpai ijin dari guru yang sedang mengajar keluar dari ruang kelas. Aron pulang kerumah mengambil parang dan mencari daun gewang dilingkungan sekitarnya. Aron kemudian naik ke atas atap ruang kelasnya dan memperbaiki atap yang bocor.  Guru dan Kepala Sekolah menjadi panik karena perbuatannya ini. Mereka khawatir karena tiang yang menyanggah ruang kelas juga tidak kuat sehingga bisa menimbulkan kecelakaan.

Usai mengatapi bagian yang bocor, Aron turun ketanah. Ketika dikonfortir kepala sekolahnya, Aron menjelaskan bahwa ketika berada diruang kelas mengikuti kegiatan belajar mengajar, ia kepanasan karena terik matahari yang langsung mengenanya akibat beberapa bagian atap ruang kelas yang bocor. Kepala sekolah dan guru dibuat berdecak kagum. Ulah “nakal” Aron ini menggerakan hati kepala sekolahnya  menelpon ketua komite sekolah menyampaikan kejadian tersebut. Ketua komite sekolah usai mendengarkan laporan kepala sekolah mengundang orang tua wali secara swadaya dan bergotong royong memperbaiki atap ruang kelas sekolah daun gewang yang berdinding bebak ini. “Kalau adik lihat ada beberapa daun baru dibagian atapnya yang sekarang, itu karena dimulai dari Aron” tutup Pdt. Eben diakhir ceritanya. *Vitto

 

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media