Berita

Anda seorang traveler? Belum sempurna jika belum ke Pantai Air Cina atau Oesina sebutan masyarakat setempat. Pantai Air Cina berlokasi di Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Panorama keindahan wisata laut, danau green tuadale, gua alam, zero, gua kelelawar menjadi daya tarik tersendiri. Potensi wisata yang unik ini kini mendapat pembenahan serius dari masyarakat setempat melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Lifuleo. Dua tahun serius berbenah, kini Pantai Air Cina Lifuleo tampil menggoda bak gadis perawan.

Kala Senja di Pantai Air Cina Desa Lifuleo, Foto : Reinald/TNC

Fasilitas memanjakan pengunjung menjadi perhatian serius kelompok sadar wisata Desa Lifuleo. Berbagai upaya dilakukan agar tidak saja keindahan yang menjadi daya tarik tapi ketersediaan infrastruktur menjadi alasan lainnya menarik wisatawan. Dengan mudah pengunjung bisa mengakses informasi dipos jaga tentang objek-objek wisatanya. Disepanjang garis pantai, kini telah terbangun lopo baik yang disediakan Pemerintah Desa maupun bantuan BKKPN yang kini menaruh perhatian terhadap pengembangan wisata pantai Oesina Lifuleo. Selain itu, dilokasi wisata ini pengunjung juga bisa menggunakan berbagai fasilitas lainnya seperti perahu, walky talky, dan alat selam dasar berupa pelampung, masker dan snorkel untuk berlayar dibawah permukaan laut. Fasilitas-fasilitas penunjang diatas adalah hasil advokasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) diberbagai instansi pemerintahan memenuhi keinginan pengunjung. Deretan kios warga yang berjubel memudahkan wisatawan memenuhi hasrat berkuliner.   

Koordinator Program Inisiatif Pengembangan (Inga) Wisata Desa Lifuleo yang memfasilitasi kegiatan Pokdarwis, Largus Ogot menjelaskan bahwa setelah membenahi berbagai fasilitas penunjang akan ditindaklanjuti dengan berbagai peningkatan keterampilan usaha-usaha wisata termasuk peningkatan produktivitas kuliner lokal dan pernak-pernik kerajinan tangan yang dapat dijadikan ole-ole dari aktivitas kepariwisataan. *Vitto

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media