Berita

Tepat 26 Januari 2017, Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT genap berusia XI tahun. Memperingati hari lahirnya, Bengkel APPeK menggelar berbagai kegiatan sebagai bentuk refleksi kehadirannya di Nusa Tenggara Timur. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan Rabu – Kamis, 25 – 26 Januari 2017 di OCD Beach Café dan Hotel Neo Aston Kupang.

Vinsen Bureni, Koordinator Umum Bengkel APPeK NTT ketika memfasilitasi kegiatan. (Dok : bengkelappek.org)

Yane Djami, ketua panitia HUT Bengkel APPeK NTT kepada bengkelappek.org menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini lazimnya terjadi setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan capaian visi, misi dan nilai-nilai lembaga selama kurun waktu 2015-2016, memperkuat konsolidasi kepengurusan dan keanggotaan lembaga. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan juga untuk menganalisa peran dan kontribusi lembaga dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya, serta menganalisis lingkungan eksternal dan dan internal yang berpengaruh terhadap pencapaian visi dan misi lembaga. “Pada hari pertama akan dilakukan penyampaian laporan perkembangan kelembagaan, tantangan dan proyeksi dari jajaran eksekutif kepada pengurus dan pengawas Bengkel APPeK NTT. Hari kedua akan dilakukan penyampaian pertanggungjawaban kelembagaan kepada publik. Selain itu juga akan, dan diskusi panel dengan tema Kolaborasi NGO – Pemerintah Daerah: Kemajuan dan Tantangan dan Kolaborasi NGO – Media Massa : Seberapa Produktif bagi Penguatan Demokrasi NTT”. Yane lebih lanjut menguraikan bahwa kegiatan ini akan dihadiri sekitar 100 orang yang berasal dari warga dampingan, perwakilan pemerintah desa, undangan pemerintah provinsi NTT, Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, NGO, insan pers dan komunitas dampingan lainnya.

Koordinator Bengkel APPeK NTT, Vinsen Bureni dikesempatan yang sama menjelaskan bahwa dalam rangka memotret peran Bengkel APPeK dalam pencapaian visi dan misi maka perlu mendapat pandangan yang kompherensif dari pihak eksternal sebagai masukan terkait fenomena kecendrungan kedepan dan relasinya dengan perubahan bagi pemenuhan hak-hak warga pada waktu yang akan datang. *Vitto

 

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media