Berita

Memperingati hari jadi yang ke-XI, dewan eksekutif Bengkel APPeK NTT menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada publik. Kegiatan ini  berlangsung di Hotel Neo Aston, Kamis, 26/01/2017 yang dipimpin ketua dewan pengurus, Dr. Jhon Khotan, S.H, M.Hum. Eksekutif Bengkel APPeK yang diwakili koordinator umum, Vinsen Bureni dan assistennya, Tarsianus Tani dan Thersia Ratu Nubi secara bergantian menyampaikan kondisi kelembagaan, kegiatan dan keuangan Bengkel APPeK selama tahun 2016. Kegiatan penyampaian laporan pertanggungjawaban kepada publik ini dihadiri dewan pengurus, Dr. Jhon Khotan, S.H, M.Hum, Lauran Sayrani, S,Sos, MAP, serta dewan pengawas, Dr. David Pandie, M.Si dan Ir. Sarah Lery Mboik serta undangan dari Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kota Kupang, Pemerintah Kabupaten Kupang, perwakilan komunitas dampingan, mitra lembaga lokal dan internasional, undangan pers serta seluruh staf dan eks staf lainnya.

Dr. Jhon Khotan, Ketua Dewan Pengurus saat membuka kegiatan pertanggujawaban publik Bengkel APPeK NTT di Neo Aston Hotel, Kamis, 26/01/2017

Diawal pembuka pertanggungjawabannya, Vinsen Bureni menjelaskan bahwa sesuai perintah UU Keterbukaan Informasi Publik, setiap lembaga publik diwajibkan menyampaikan pertanggungjawaban. “Bengkel APPeK sebagai salah satu lembaga publik di NTT sebagaimana amanat UU KIP, hari ini menyampaikan secara terbuka kondisi lembaga, program dan kegiatan yang dilaksanakan serta pengelolaan keuangan untuk mendapat respon publik dan pertanggunggugatannya”.

Menanggapi laporan pertanggungjawaban tersebut, Direktris LBH APPIK NTT, Ansy Rihi Dara, S.H menyampaikan apresiasi kepada segenap manajemen Bengkel APPeK karena telah menjadi contoh bagi lembaga yang lainnya termasuk LBH APPIK NTT yang baru berumur enam tahun itu untuk menyiapkan forum pertanggungjawaban yang serupa. Apresiasi yang sama juga disampaikan oleh pemimpin redaksi harian kursor, Ana Djukana, S.H, M.Hum, Kepala BPMPD Kabupaten Kupang, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Kupang dan KPU NTT.

Forum pertanggungjawaban publik ini diakhiri dengan sesi diskusi dengan tema Kolaborasi Kerja NGO, Pemerintah dan Pers  yang dimoderatori, Pemred Harian Kursor, Ana Djukana dengan narasumber Kepala Bapeda NTT Wayan Darmawan, Pimpinan LSM IRGSC, Dr. Elcid Li, dan Pemimpin Harian Timor Expres, Marthen Bana.*Vitto

Vitus Pehan
Author: Vitus PehanWebsite: www.bengkelpemilu.orgEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Staff Bengkel APPeK
Vitus Pehan, mulai bergabung dengan Perkumpulan “Bengkel” APPeK NTT sejak Januari 2013. Saat ini menjadi Staf Divisi Litbang dan Informasi Bengkel APPeK setelah sebelumnya menjadi fasilitator lapangan Pendidikan Pemilih diwilayah Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Desa Oemofa dan Desa Oemolo. Selalu tertarik dengan isu-isu politik, pelayanan publik, perencanaan penganggaran dan kemandirian desa.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media