Berita

"Total asset FP Rp 115,114,500.00 bersumber dari usaha mandiri dan bantuan Pemerintah Desa"

LPJ 7 Forum Perempuan  terbilang informasinya cukup detail mulai dari sejarah terbentuknya, tujuan dan maksud LPJ forum, legalitas forum, struktur pengurus, sumber keuangan hingga manfaat keuangan. Hal ini di lakukan oleh Pengurus Forum Perempuan di Kabupaten TTS  dan Kabupaten Kupang Maret-Agustus 2017. Turut hadir Pemerintah Desa, BPD, dan Unsur Masyarakat Desa.

Endah Selan, CO Haumenbaki saat menyampaikan laporan keuangan kepada Masyrakat. Foto by Anggi Duka

Penyampaian LPJ FP di pandu langsung oleh aparat Pemerintahan Desa dan  di tanggapi oleh undangan yang hadir. Ferdinan Selan, Sekertaris Desa Pusu mengatakan, “Sekian banyak kelompok yang ada di desa Pusu salah satunya Forum Perempuan sangat baik dimana ada aktivitas, kegiatan yang selalu melibatkan Pemerintah Desa dan masyarakat. Pemerintah Desa akan mensuport melalui alokasi  dana desa untuk meningkatkan ekonomi karena sudah kami lihat sendiri buktinya. Forum perempuan lanjutnya, memberikan contoh kepada kelompok lainnya agar bisa mempertanggungjawabkan kegiatan kepada Pemerintah Desa dan masyarakat”

Sementara itu, Kepala Desa Ponain Hendry Notti  di dampingi Maksen Ataupah, mengungkapkan, LPJ ini mesti dilakukan setiap tahun, perlu ada penambahan anggota forum perempuan, bahkan bentuk cabang di dusun-dusun agar semakin banyak perempuan yang bisa terlibat memperjuangkan hak-haknya. Lebih lanjut ia mengatakan, forum dipertahankan karena sudah terlibat dalam kegiatan desa seperti Musrenbang. Pada tahun 2017, Pemerintah Desa akan fokuskan Forum Perempuan. Terus terang,  LPJ hari ini membuka cara berpikir masyarakat lainnya, sudah mendapatkan dana tapi  belum pernah buat laporan secara terbuka seperti ini, Ungkap Sang Kades dengan sumringah.///Anggi///Dody

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media