Berita

Upaya YAPPIKA-ActionAid untuk mencari dukungan dari perusahaan pengembang CSR (corporate social responsibility) untuk mendukung ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, khususnya ruang kelas yang layak mulai menunjukkan hasilnya. Salah satu perusahaan elektronik yang cukup terkenal yaitu SAMSUNG, melalui program CSR memberikan perhatian dan berencana untuk mendukung penyediaan sarana dan prasarana belajar yang layak, sebagai wujud kerjasama dengan YAPPIKA ActionAid. Dan salah satu yang menjadi perhatian untuk kegiatan CSR SAMSUNG adalah SD yang memiliki ruang kelas rusak dan ruang darurat yang ada di Kabupaten Kupang.

Pada hari Senin, 20 Nopember 2017, penanggungjawab CSR dari perusahaan SAMSUNG yaitu Ibu Nitha didampingi oleh Bapak M. Thoriq dari YAPPIKA ActionAid dan Tim Bengkel APPeK mengunjungi dua sekolah dampingan Bengkel APPeK sebagai mitra YAPPIKA ActionAid dalam Program #SekolahAman. Dua sekolah ini adalah SDN Oelatimo di Kecamatan Kupang Timur dan SDN Bileu di Kecamatan Fatuleu Tengah. Beliau cukup tercengang melihat kondisi SDN Oelatimo dengan satu gedung darurat (terdiri atas 3 kelas) yang terbuat dari bahan lokal (bebak dan beratap daun gewang) dan juga kondisi SDN Bileu yang beberapa ruangannya rusak berat (pada plafon, lantai dan tembok). Ibu Nitha kemudian menyesalkan kondisi ini dengan mempertanyakan sejauhmana perhatian pemerintah terhadap keberadaan sekolah ini.

Dalam pertemuan bersama Kepala Sekolah, beberapa guru dan perwakilan Komite sekolah, pimpinan CSR SAMSUNG ini memberikan penjelasan tentang maksud kunjungannya untuk melihat secara langsung sekolah dampingan mitra YAPPIKA ActionAid, yang mana perusahaannya berencana untuk mendukung penyediaan ruang kelas yang layak untuk beberapa sekolah. Pihak sekolah, SDN Oelatimo sangat senang dengan kedatangan tim yang akan mendukung keberadaan ruang kelas mereka. Sambutan diberikan dengan mengalungkan selendang oleh pihak sekolah, dan melalui kepala sekolah serta perwakilan unsur msayarakat memberikan apresiasi atas kedatangan beliau dan menyampaikan harapan mereka terhadap pertemuan ini. Sambutan yang hangat juga diberikan oleh para guru dan ketua komite SDN Bileu atas kedatangan ibu Nitha di sekolah mereka.

Pihak SAMSUNG melalui program CSR berencana untuk membantu masing-masing satu ruang kelas, baik berupa ruang kelas baru di SDN Oelatimo dan rehab ruang kelas di SDN Bileu. Menurut Ibu Nitha bahwa kunjungannya dimaksudkan untuk memastikan pihak SAMSUNG dalam merencanakan sebagai pendonor melalui YAPPIKA ActionAid dan mitranya (Bengkel APPeK) dalam pembangunan ruang kelas sebagai dukungan atas pengembangan sarana pendidikan. Bantuan ini jika terealisasi diharapkan menjadi bagian dari mendorong perhatian pemerintah Kabupaten Kupang dalam memperhatikan kondisi ruang kelas khususnya tingkat SD di Kabupaten Kupang. Hasil kunjungannya akan dibahas di tingkat lembaga untuk menentukan realisasinya, dan meminta tim YAPPIKA ActionAid bersama Bengkel APPeK untuk mempersiapkan perencanaan realisasinya. (all)

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media