Berita

Dalam upaya mengembangkan partisipasi komunitas sekolah (terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Perangkat Desa ataupun warga masyarakat sekolah) dalam mempengaruhi kebijakan dan/ atau menarik perhatian pengambil kebijakan dan publik secara umum, maka publikasi aktivitas komunitas sekolah dan kondisi ruang kelas merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh komunitas sekolah. Bentuk publikasi ini dapat berupa berita ataupun opini sederhana tentang kondisi sekolah masing-masing, yang bisa dipublikasikan dalam media cetak (koran dan buletin) dan juga media elektronik (on-line). Hal ini merupakan bentuk jurnalisme warga untuk mendukung pengambilan kebijakan di bidang pendidikan secara umum, dan khususnya dalam kebijakan pemenuhan kebutuhan ruang kelas.

Untuk mendukung harapan tersebut, Bengkel APPeK NTT atas dukungan dari YAPPIKA ActionAid menyelenggarakan Pelatihan Jurnalisme Warga Bagi Komunitas Sekolah Program Sekolah Aman di Kabupaten Kupang, yang dilaksanakan hari Jumat, 07 September 2018 di Aula Harian Pagi Pos Kupang. Kegiatan ini melibatkan perwakilan dari 15 Komunitas Sekolah Dampingan Bengkel APPeK NTT, yang berjumlah 21 peserta dari SDN Tatelek, SDN Bileu, SDN Oelatimo, SDI Raknamo, SDI Kayu Putih, SDN Dendeng, SDN Sufmuti, SDN Oelii 2, SDN Batu Esa, SDN Oebali, SDN Bimous, SDN Natoen, dan SDN Amsila.

Untuk memenuhi tujuan pelatihan ini, yaitu memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan untuk bisa menulis berita secara sederhana yang nantinya akan dipublikasikan dalan media yang mendukung (media cetak maupun media on-line), maka peserta diberikan materi oleh narasumber dari Harian Pos Kupang, yaitu materi tentang Teknik Penulisan Berita Sederhana oleh Bapak Hyeronimus Modo dan Teknik Penulisan Opini dan Publikasi Media On-Line oleh Bapak Agus Sape. Selain materi yang diberikan, peserta juga diberikan kesempatan untuk menulis berita sederhana untuk didiskusikan sesuai dengan materi yang diberikan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan  ini, maka setiap peserta akan menulis berita sederhana tentang aktivitas mereka di sekolah, baik menyangkut kondisi sarana dan prasaarana (khususnya ruang kelas), keberadaan tenaga pendidik (guru PNS, guru Honor ataupun guru Kontrak), dan proses belajar mengajar di sekolah serta berita-berita lain tentang sekolahnya. Tulisan ini akan dikonsultasikan atau diperiksa oleh trainer dari Pos Kupang, dan apabila sudah sesuai maka akan dipilih beberapa berita untuk dimuat pada media Pos Kupang (baik secara on line dan media cetak), serta direncanakan untuk dibuatkan buletin berhubungan dengan Program Sekolah Aman. (all)

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media