Berita

Maumere, bengkel.appek.org

Masyarakat Desa Lewomada terbilang menemui hari-hari yang paling istimewa dalam sejarah perkembangannya. Betapa tidak, moment bersejarah pemuda dan pemudi Indonesia tanggal 27 oktober 1928 setidaknya ia memasuki detik-detik yang monumental menjelang dibacakannya teks yang bersifat “sumpah”. Ya dikenal dengan hari “sumpah pemuda” yang selalu diperingati setiap tanggal 28 oktober oleh seluruh Bangsa Indonesia.

Foto Largus;Bupati Sikka Menabur Benih Secara Simbolis Di Kolam Bandeng Milik Yoseph Laga Ribun, Selasa (27/10/2020)

Satu hari menjelang peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dan Ketua TP PKK Sikka Ny. Maria Cahyani Idong bersama rombongan menghadiri 2 acara sekaligus yakni Lounching Pariwisata Hi,a Beach dan Penaburan Benih Ikan Bandeng untuk pertamakalinya di Tempat Usaha Tambak Budidaya Ikan Bandeng Milik Anak Muda Yoseph Laga Ribun di Dusun Hi,a Desa Lewomada Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka Selasa 27/10/2020 siang.

Kehadiran Bupati Sikka dan rombongan disambut tarian adat dan sapaan adat oleh tokoh adat masyarakat desa Lewomada. Usai penggutingan pita dan penandatanganan prasasti Bupati Sikka langsung menuju lokasi tambak. Turut bersama rombongan Bupati Sikka adalah Anggota DPRD Sikka, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas PMD Sikka, Camat Talibura, Koordinator  Umum Bengkel APPeK NTT, Perwakilan Plan International Indonesia.

 “Dengan memohon berkat Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha penyanyang dan atas dukungan para leluhur kita serta kita semua yang hadir disini, maka kami menabur benih ini semoga bisa hidup, berkembang dan bermanfaat bagi kita semua” ungkap Bupati Roby Idong saat meninjau dan menabur benih ikan bandeng dilokasi tambak budidaya milik anak muda Yoseph Laga Ribun yang terletak di Dusun Hi,a Desa Lewomada Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka. 

Pada kesempatan yang sama Bupati Roby Idong mengatakan “kita berharap, budidaya ikan bandeng ini sebagai percontohan bisa dikembangkan selanjutnya”  mudah-mudahan jelasnya, “dengan menabur benih ikan bandeng ini sebagai salahsatu aspek pendukung pariwisata Hi’a Beach ini,  bisa hidup, berkembang dan bermanfaat bagi kita semua”

 Foto Asernov: Kordum Bengkel APPeK NTT Vinsen Bureni saat Mendapat kesempatan Untuk Menabur Benih Ikan Bandeng di Tambak Milik Anak Muda Hi,a Desa Lewomada Sikka,Selasa (27/10/2020)

Untuk di ketahui tambak budidaya ikan bandeng milik anak muda Yoseph Laga Ribun sudah dibangun sejak awal tahun 2020, ia memutuskan mengembangkan usaha ini setelah ia mengikuti pengembangan diri melalui pelatihan softskill kewirausahaan nopember 2019 silam di Kantor Desa Lewomada yang diselenggarakan Bengkel APPeK NTT bersama YPII, Kopernik dan Uni Eropa.

Baca Juga : https://bengkelappek.org/berita/267-budidaya-ikan-bandeng-pemuda-lewomada-manfaatkan-peluang.html

Turut melakukan penebaran benih ikan bandeng Ketua TP PKK Sikka Ny. Maria Cahyani Idong, Kepala Dinas Pariwisata Petrus Honing, Dinas PMD Sikka dan Koordinator Umum Bengkel APPeK NTT Vinsensius Bureni,S.Sos.

Koordinator Umum Bengkel APPeK NTT Vinsensius Bureni,S.Sos. di sela-sela penaburan benih ikan bandeng di lokasi tambak budidaya ini mengatakan “ lokasi wisata Hi,a Beach dan lokasi tambak budidaya ikan bandeng ini harus bisa menjadi satu kesatuan kegiatan kepariwisataan, tambak budidaya dapat menjadi wisata edukasi sekaligus menambah income bagi pengelolanya” ujar Vinsen. Karena itu, lanjutnya, pengelola tambak harus bisa menyediakan kebutuhan para pengunjung beserta memperhitungkan tarifnya, baik saat orang menikmati kolam maupun disaat pengunjung mengambil atau memancing ikan bandeng”

Foto Asernov: Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo dan Ketua TP PKK Sikka Ny. Maria Cahyani Idong Sikka Tabur Benih Ikan Bandeng di Tambak Milik Anak Muda Hi,a Desa Lewomada Sikka, Selasa 27/10/2020

Selain itu terang Vinsen, “pengelola tambak harus bisa menjadi pemandu wisata yang profesional yang menyenangkan bagi siapapun yang datang ke area tambak ini”. harap Vinsen.

Sementara itu, Agustinus Tolek saat berdialog dengan Bupati Sikka mengatakan “secara khusus untuk kegiatan orang muda, tadi sudah ada penaburan benih, dan itu baru sedikit, masih ada rencana pengembangan diwaktu mendatang”

Menanggapi hal tersebut, Bupati Roby Idong menjelaskan “kita uji coba dulu, kalau benih yang ditabur tadi cocok dan berhasil, maka kita perlu kembangkan dan kita siap arahkan alat berat untuk perluas dan pembukaan tambak baru” ungkapnya.

Sementara itu, Yoseph Laga Ribun Pemilik tambak bandeng ketika dimintai komentarnya mengatakan “saya merasa senang karena ditengah kesibukan bapak Bupati Sikka masih saja menyempatkan diri untuk melakukan penebaran benih bandeng”. Saya yakin dan percaya bahwa usaha budidaya ikan bandeng ini sukses, apalagi Bapak Bupati sudah menjanjikan akan membantu penggalian dengan menurunkan alat berat” ujar Yoseph.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini benih yang sudah ditabur sebanyak 1.324 ekor dan sampai hari ini kondisinya sehat semua. Agar tahap awal ini benar-benar sukses, maka yang pertama saya lakukan adalah harus tetap menjaga kondisi ikan berupa kualitas air dan pemberian pakan yang rutin sehingga target saya bisa panen pada bulan februari atau maret 2021. Karena itu saya sudah meminta bantuan kepada Bengkel APPeK melalui Kaka Iron dan keluarga di Maumere agar membantu untuk pemasarannya nanti, ungkap Yoseph optimis. (largus/asernov)

 

 

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media