Berita

Maumere, bengkel.appek.org

Ditengah pandemic saat ini, kita masih semangat, masih percaya diri masih ada harapan, kita semua tidak takut dengan virus yang saat ini sedang melanda dunia. Hari ini, melalui lounching Pariwisata Hi,a Beach kita sudah mampu menghidupkan perekonomian masyarakat. Pariwisata memang menjadi penggerak ekonomi rakyat, maka pemerintah Sikka  patut memberikan dukungan, Ungkap Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo saat menyampaikan sambutan pada Acara Lounching Hi’a Beach Desa Lewomada Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka selasa, 27/10/2020 siang. 

Foto Asernov; Bupati Sika Fransiskus Roberto Diogo Pose Bersama Usai Melakukan Lounching Wisata Hi,a Beach Di Desa Lewoma Kecamatan Talibura Kab. Sikka Selasa Sore Pukul 16.00 Wta (27/10/2020)

Lebih lanjut Bupati Roby Idong menjelaskan, Pariwisata tempat dimana menggerakan ekonomi rakyat, orang berwisata karena mau bersenang-senang, orang mencari kesenangan dan kenikmatan. Karena itu kita butuh pelayanan yang menyenangkan, jika wisatawan dia senang pasti dia akan datang terus. Mari kita praktekan prilaku yang menyenangkan bagi orang lain, kita harus mampu menjadi orang yang menyenangkan. Melayani tamu harus dengan senang hati sehingga orang datang terus ke sini.

Foto Asernov: Bupati Sikka Bersama Rombongan Usai Meninjau Spot Wisata Hi,a Beach, Selasa (27/10/2020)

Lokasi ini harus tertata, yang membuat orang datang merasa aman baik pemandangan panorama alam maupun spot-spotnya ataupun rekayasa-rekayasa yang kita bisa buat. Motif sarung kita harus bisa jelaskan maknanya. Pengunjung datang mau makan dan minum, makanan-makanan kita  harus yang lezat, makanan yang sesuai, dan lengkap.

Karena itu untuk hal ini saya ucapkan  terima kasih kepada Bengkel APPeK, Plan International Indonesia, Pendamping Desa yang  sudah maksimal membantu pemerintah desa dan mendampingi anak muda dan masyarakat, juga terimakasih kepada Pemerintah Desa Lewomada serta seluruh komponen masyarakat disini untuk sama-sama bangkit.

Foto largus: Bupati Menyampaikan Sambutan Pada Acara Lounching Hi'a Beach Selasa, 27/10/2020

Masyarakat Hi,a sendiri lanjut Bupati Roby, harus ada pengakuan sendiri, bahwa Hi,a Beach ini menyenangkan, kita harus memulai dari dalam diri kita, baru orang lain memberikan pengakuan bahwa Hi,a Beach memang meyenangkan. Jadi tolong kedepan agar Dinas Pariwisata Sikka bimbing masyarakat disini.

“Saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada semangat seluruh komponen yang ada di Desa Lewomada, sudah memiliki semangat yang luar biasa, inisiatif masyarakat ini”. “Bengkel APPeK  yang sudah ikut memberikan dukungan-dukungan semangat, semangat ini tetap membara, jangan sampai padam, walaupun situasi pandemi seperti ini, kita yakin tahun depan sudah selesai corona” ungkapnya.

Mananggappi beberapa pertanyaan masyarakat yang diwakili oleh Agustinus Tolek, Florianus, Aloisius Swan, Ketua BPD dan Silvester,  Bupati Roby menjelaskan “kita akan sama-sama bergotong royong penataan Hi’a, Beach ini, kita siap bantu MCK, Jaringan Listrik, Alat music kampung, pembenahan jalan propinsi  tahun 2021. Sedangkan tambak bandeng, kita uji coba dulu, kalau benih yang ditabur tadi cocok dan berhasil, maka kita perlu kembangkan dan kita siap arahkan alat berat untuk perluas dan pembukaan tambak baru”

Baca Juga: https://bengkelappek.org/berita/278-bupati-sikka-resmikan-pariwisata-hi-a-beach-lewomada-sikka-ntt.html

Sementara itu Ketua Panitia Lounching Hi,a Beach Yuvenalis Nong Pas dalam laporannya mengatakan “pembangunan pariwisata Hi’a Beach ini dilakukan secara swadaya oleh seluruh komponen masyarakat Desa Lewomada, Hingga Acara ini terselenggara itu juga karena kontribusi dan kekompakan masyarakat Desa Lewomada”

Kepala Desa Lewomada Dominikus Pondeng dalam sambutannya mengatakan “Desa Lewomada merupakan desa yang terletak paling ujung Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka dengan jumlah kepala Keluarga sebanyak 453 KK dan 1.710 Jiwa. Akhirnya hari ini patut kami bangga, karena apa yang diimpikan oleh masyarakat sudah terwujud dengan berdirinya Hi’a Beach atas inisiatif masyarakat dan dilakukan secara swadaya. Di Desa Lewomada lanjutnya, kita memiliki beberapa keunikan, ada pasir putih, air payau, hutan bakau, kepiting bakau, wisata religi, mata air ditengah laut, air terjun dan tambak ikan bandeng yang tersebar di masing-masing dusun, jelasnya. (largus)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media