Berita

Suara Kampung bengkel.appek.org                                      

Laporan Arckhy Baros

“Kami Pemerintah Desa Manulai  1 sudah menganggarkan Rp. 6.540. 500 melalui APBDesa TA 2020 khususnya Bidang Pemberdayaan Masyarakat dalam bentuk kegiatan sosialisasi Perlindungan anak” ungkap Kepala Desa Manulai 1 Nelson Mesak Astawa kepada suara kampung bengkel.appek.org di Kantor Desa Manulai 1 Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang kamis, 19 /11/2020.

Foto Archy: Nelson Mesak Astawa Kepala Desa Manulai 1 Kecamatan Kupang Barat Kab. Kupang Saat di wawancara Suara Kampung bengkel.appek.org di ruang kerjanya Kamis,19/11/2020 siang

Nelson menjelaskan “sosialisasi perlindungan anak di Desa Manulai 1 sudah dilakukan 4 kali sejak terbentuknya Pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Desa.  Ia menjelaskan, PATBM Desa sudah melakukan sosialisasi perlindungan anak di lingkungan Sekolah Dasar, wilayah RT/RW dan sosialisasi di wilayah dusun”.

Menurutnya “Masalah kekerasan terhadap anak itu sering terjadi dimana - mana termasuk di wilayah Desa Manulai 1, sehingga dengan melakukan kegiatan sosialisasi Perlindungan anak terhadap masyarakat dan orang tua, maka kekerasan terhadap anak di Desa sudah semakin kurang”

“Tahun 2021 lanjutnya, kami akan tingkatkan lagi, karena kegiatan pembinaan bagi Anak dan remaja itu sangat penting sehingga tidak hanya sosialisasi bagi orang tua saja, tetapi harus melibatkan anak dan remaja agar juga paham tentang jenis-jenis Kekerasan terhadap Anak” Ujarnya

Baca Jugamahasiswa unwira sosialisasi hak-anak

Baca Juga : patbm manulai selenggarakan sosialisasi perlindungan anak

Koordinator Umum Bengkel APPeK NTT Vinsensius Bureni, S.Sos melalui Yoris Abanat staf program School for Changes kerjasama Save The Children mengatakan “Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah Desa Manulai 1, karena dalam situasi pandemi Covid 19, Pemerintah Desa Manulai 1 masih saja sempat mengalokasikan anggaran untuk kegiatan sosialisasi perlindungan anak” sebagaimana kita ketahui bersama lanjutnya, saat ini hampir semua dana desa dialihkan untuk penanggulangan covid 19, namun Pemerintah Desa Manulai 1 masih memiliki kepedulian terhadap isu perlindungan anak” Ungkapnya.

 

Editor : Largus Ogot

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media