Berita

Kupang_Suara Kampung bengkel.appek.org

 

Laporan Ori Hana

Penyelenggaraan Sosialisasi Perlindungan Anak oleh Pengurus PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) bertujuan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya peran keluarga dan unsur masyarakat untuk memberi perlindungan terhadap anak. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa Manulai 1 Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Kamis, 19/11/2020 siang.

Foto Archy; Suasana Acara Pembukaan Sosialisasi Perlindungan Anak Di Kantor Desa Manulai 1 Kec. Kupang Barat Kab. Kupang Kamis, 19/11/2020

Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan Bengkel APPeK NTT dan Mahasiswa Magang dari FH Unwira Kupang sebagai narasumber. Turut hadir Pemerintah Desa, BPD, dan 40 orang peserta kepala keluarga dan ibu rumah tangga utusan wilayah dusun setempat.

Yoristo Abanat staf  Bengkel APPeK dalam materinya mengatakan “ada 5 bentuk kekerasan terhadap anak diantaranya  kekerasan seksual, kekerasan fisik, kekerasan emosional, eksploitasi anak dan penelantaran anak”. Ke 5 bentuk kekerasan ini lanjut Yoris, sering dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya, sehingga menyebabkan proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak efektif.

Baca Juga : pemdes-manulai-1-alokasi-dd-sosialisasi-perlindungan-anak.html

Baca Juga :mahasiswa-unwira-sosialisasi-hak-anak.html

 

Orangtua harus menyadari pentingnya fungsi perlindungan dan kasih sayang orangtua terhadap anak, tidak perlu mendidik anak menggunakan cara-cara kekerasan. Bentuk-bentuk kekerasan ini harus dipahami dan dimengerti oleh semua orang agar mereka tidak melakukanya, ujar Yoris Putra asal TTS ini.

Selain Yoris, Turut memberikan materi sosialisasi 3 orang mahasiswa magang dari FH Hukum Unwira Nancy J. Augusteyn, Flaviana G. Badu dan Matildis Jana, Ke-3nya mengulas tentang   hak-hak anak dan dampak kekerasan terhadap anak. 

Pada kesempatan yang sama Yosten Nakmofa pengurus PATBM berharap, ketika ada kekerasan terhadap anak, bisa dikoordinasikan dengan kami agar bisa dicari solusinya. Kehadiran PATBM membantu bapak dan mama untuk mengkawal ketika masalah kekerasan terhadap anak itu terjadi, sehingga jangan takut untuk memberikan informasi kepada kami.

Lebih lanjut Yosten  menjelaskan selama ini ada banyak kasus kekerasan anak, ketika dilaporkan ke pihak berwajib proses penananganya lama, hal ini diakibatkan oleh orang tua itu begerak sendiri sehingga tidak ada pengawasan lebih lanjut.

Kepala Desa Manulai I Nelson M. Astawa, usai penyuluhan kepada bengkel.appek.org mengatakan “Sebagai Pemerintah Desa kami ucapkan terima kasih kepada PATBM dan Bengkel APPeK yang sudah membantu pemerintah Desa dan masyarakat untuk memberi pemahaman tentang perlindungan anak.

Anak merupakan masa depan dan penerus bangsa, sehingga kepedulian pemerintah sangat perlu agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa adanya tekanan psikis maupun fisik, ungkapnya. 

Lebih lanjut Nelson jelaskan “kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sering terjadi, sosialisasi ini juga merupakan peran dan fungsi kami pemerintah untuk menindaklanjuti berbagai peristiwa yang terjadi di Desa kami.

"Saya mengharapkan penyuluhan ini dapat menambah pengetahuan ke 40 peserta yang ikut, sehingga menjadi ujung tombak dalam mensosialisasikan perlindungan anak terhadap masyarakat sehingga dengan demikian kekerasan kepada anak bisa menurun” ujarnya.

 

Editor : Largus Ogot

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media