Berita
Pondasi dan Tiang Nok Rumah APPeK 
(Kado HUT ke 15 Tahun Bengkel APPeK NTT)

Oleh :Maria Bano
Staf Bengkel APPeK NTT

 

Pembaca budiman, apa kabar, Salam Sehat ya, semoga pandemic covid 19 ini lekas berlalu biar kita bisa kembali menikmati situasi normal seperti sediakala.

 Foto Istimewa : Yanuaria Maria Bano

Pondasi dan tiang nok saya beri judul tulisan singkat ini. Tetapi sebelum pembaca tahu apa itu tiang nok dan pondasi yang saya maksudkan, terlebih dahulu saya perkenalkan diri ya sobat. Saya Yanuaria Maria Bano, seorang Staf Lapangan pada Bengkel APPeK NTT. Perjalanan karier saya cukup panjang yang membawa saya menjadi seorang pegiat pemberdayaan di Perkumpulan Bengkel APPeK NTT pada sebuah program namanya #SekolahAman kerjasama Yappika ActionAid. Banyak kisah yang terukir di lembaga ini selama perjalanan sebagai staf lapangan, baik itu sedih dan senang, telah membuat menjadi dewasa dalam membentuk diri saya menjadi bagian dari penggerak perubahan sosial.

Ditengah pandemi Covid 19, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya kami harus merayakan ulang tahun Bengkel APPeK NTT dengan meriah dan menghadirkan banyak orang yang sudah banyak berjasa dan juga sudah menjadi mitra kami. Tetapi ada hal baru yang dibuat untuk tetap memeriahkan hari istimewa Bengkel APPeK Tahun ini oleh Ketua Tim Media kami Om Largus Ogot biasa disapa Om LO asli manggarai yang hobbynya menulis dan membuat cerita. Om LO memberi kesempatan pada kami semua staf Bengkel APPeK untuk membuat tulisan kisah atau cerita yang sangat berkesan selama berada pada lembaga ini, menurut om LO menulis adalah ‘roh yang bermartabat’. Ya menulis entah itu kisah atau cerita. Menurut saya ini adalah tantangan paling berat karena tidak semua orang pandai menulis dan saya termasuk orang tidak pandai menulis. Tetapi dengan bermodalkan semangat 45 yang sudah diwariskan pejuang kita, maka sayapun ambil laptop dan mencoba mengetik apa yang saya rasakan dan terlintas dalam pikiran saya, Dalam waktu 2 jam saya mencoba lakukan ini, ya menulis. Menulis sebuah kisah dan rasa tentang pondasi dan tiang nok rumah APPeK.

Seperti kita ketahui bahwa pondasi dan tiang nok (bubungan) adalah istilah dalam konstruksi bangunan. Konstruksi yang berarti membangun sedangkan bangunan yang berarti suatu benda yang dibangun atau didirikan untuk kepentingan manusia. Konstruksi bangunan berarti suatu cara atau teknik membuat/mendirikan bangunan agar memenuhi syarat kuat, awet, indah dan berfungsi.

Pondasi dan nok sebagai bagian dari srtuktur bangunan yang menjadi elemen-elemen penyusun. Pondasi, suatu bagian paling dasar dari suatu konstruksi sebuah bangunan yang berfungsi untuk meneruskan beban dari bagian atas struktur ke lapisan paling bawah.

Untuk memiliki rumah yang bagus dan kuat diperlukan struktur bagunan yang kokoh, salahsatunya adalah kualitas pondasi. Karena itu pondasi sebagai suatu bagian dari konsrtuksi bangunan yang mempengaruhi daya tahan dan kekuatan rumah. Sedangkan nok merupakan sisi atap teratas yang umumnya menentukan arah bangunan. Jadi bagian terpenting dari membangun sebuah rumah adalah pondasi dan tiang nok.  

Jika Bengkel APPeK itu adalah Rumah, maka harus ada pondasi dan tiang nok. Nah, kenapa ada fondasi dan tiang nok dalam lembaga ini, karena saya ingin gambarkan pada kalian semua pembaca bahwa struktur perkumpulan Bengkel APPek ada yang nama Koordinator Umum, Tim Inti, Staf lapangan dan staf magang.

Tim inti mencakup koordinator umum, beberapa senior dan staf tertentu. Tim inti ini saya kategorikan sebagai pondasi, karena apa.  Tim ini menjadi kekuatan pada lembaga ini dalam berproses, karena bagi saya tim ini mempunyai kemampuan dan semangat lebih yang menjadi penopang dan pondasi dari lembaga ini. Tim inti menjadi konsrtuksi bangunan rumah Bengkel APPeK NTT. Tiang nok, tembok rumah dan atap bisa bediri kokoh karena pondasinya yang kuat.

Bagaimana dengan tiang nok. Tiang nok saya berikan ungkapan kiasan pada Koordinator Umum, Karena tiang nok dalam sebuah bangunan adalah tiang untuk menyatukan dan menyeimbangkan beban dari pondasi maupun atap sebuah bangunan rumah dan kemudian mempengaruhi struktur-struktur bangunan lainnya untuk berdiri diatas pondasi. Tiang nok merupakan sisi atap teratas yang umumnya menentukan arah bangunan rumah Bengkel APPeK NTT.

Bagi saya, saat ini Bengkel APPeK NTT mempunyai pondasi dan tiang nok yang sangat kokoh hingga membawa lembaga ini pada usianya yang ke 15 tahun pada tanggal 26 Januari 2021.

Satu bagian lagi yang sangat penting adalah struktur rumah lainnya seperti tiang gording tembok dan atap, itu saya kategorikan pada staf lapangan, ya saya ada pada posisi itu. Jadi bagi saya penting sekali 3 bagian ini disatukan menjadikan sebuah proses hidup berjalan dalam mencapai sebuah perubahan pada nilai-nilai pemberdayaan. Bengkel APPeK adalah sebuah rumah yang berjiwa kekeluargaan dengan nilai-nilai yang diterapkan kejujuran, kerjasama, saling menghargai dan  penuh tanggung jawab, sehingga sehebat apapun badai itu, rumah ini tetap kokoh berdiri.

Bagi saya, Bengkel APPeK NTT adalah rumah yang memiliki kualitas pondasi, tiang nok yang selaras, tiang gording dan atap yang berdaya tahan. Untuk itu saat ini saya ucapkan selamat Ulang Tahun Bengkel APPek NTT ke 15 tahun. Tetap Jaya. Tetap semangat dan terus menjadi pondasi, tiang nok, tiang gording dan atap yang berdaya tahan dalam segala hal.

Buat pembacaku budiman, jangan bosan untuk membaca tulisan-tulisan kami, karena dengan membaca anda akan lebih banyak informasi, lebih banyak pengalaman dan jangan lupa, memabca itu sebagai salah satu bentuk rekreasi apalagi di saat pandemic covid 19 ini. Salam hangat dan sehat untukmu semua. ***

 

Editor : Largus Ogot

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media