Berita

Kupang, 18 Maret 2021; Media Suara Kampung

Dinas Sosial Kota Kupang NTT membuktikan prinsip keterbukaan informasi melalui berita acara penyerahan Data Terpadau Kesejahtraan Sosial (DTKS) Kota Kupang tahun 2021 kepada Bengkel APPeK NTT melalui Primus Nahak di Ruang Kerja Kepala Dinas Sosial Kupang Rabu, 17 Maret 2021.

 Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Lodywik Djung Lape, S.Sos (Foto; Istimewa) 

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Lodywik Djung Lape, S.Sos saat dihubungi media suara kampung bengkel.appek.org melalui WhastApp, Kamis 18 Maret 2021 Pukul 14.53 Wita mengatakan “ data yang kita berikan kepada pihak luar seperti Bengkel APPeK merupakan wujud keterbukaan informasi publik, karena publik berhak untuk itu, sehingga publik juga bisa memberikan masukan yang baik demi perbaikan pelayanan kami kepada masyarakat terutama masyarakat miskin”  

Lodywik mengakui data tersebut juga tidak terlepas dari kekurangannya seperti terjadi exclusion error and inclusion error”, ia berpesan, agar bagi pihak yang butuh data tersebut tidak boleh disalahgunakan, Ujarnya.

Ketika ditanya apakah data-data lainnya seperti dokumen RKA bersedia juga untuk diberikan kepada pihak luar ? “Maaf pak tidak semua dokumen harus diberikan kepada publik”  ujarnya singkat.

 Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Lodywik Djung Lape, S.Sos  Melalui Stafnya Menyerahkan Berita Acara DTKS Kepada Primus Nahak Staf Bengkel APPeK NTT Di Kantor Dinas Sosial Kupang Rabu,17/3/2021 (Foto; Primus Miju Nahak)

Pada kesempatan terpisah Staf Bengkel APPeK NTT Primus Miju Nahak mengatakan “data DTSK kita butuhkan sebagai baseline data dalam rangka melakukan penelitian dan pemantauan Bansos di Kota Kupang bersama ICW. Data tersebut sebagai rujukan awal untuk melakukan tracking dan pendalaman informasi dari penerima manfaat bantuan, secara khusus perempuan sebagai penerima bantuan sosial di Kota Kupang, urai Miju begitu ia biasa disapa. ***

Penuslis : Largus Ogot   

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media