Berita

Sikka, 3 April 2021 ; Media Suara Kampung Bengkel APPeK

Ribuan ikan bandeng siap panen milik pelaku usaha pemula Yoseph Laga Ribu terendam air laut akibat cuaca ekstrim beberapa hari terakhir di wilayah Desa Lewomada Sikka NTT. "Kasian Ade Yos punya tambak, ombak hantam sampai ikan semua keluar", tulis Asernov Pellu Staf Bengkel APPeK NTT melalui pesan WhatsApp saat mengirim rekaman video perisitiwa dilokasi tambak pada Juma,at malam 2/4/2021 pukul 00.38 Wita.

Kondisi Air Yang Menggenangi Are Tambak Bandeng Milik Anak Muda Yoseph Laga Ribu Juma,at 2/4/2021(Foto Istimewa)

Video berdurasi 1,11 menit tersebut nampak terlihat air menggenangi seluruh area tambak bandeng hingga mencapai permukaan. Terlihat seseorang berada dilokasi kejadian, sesekali terdengar suara “aduh hancur, air dalam”.

Tambak bandeng milik anak muda ini baru dibuka awal tahun 2020 yang terletak di kawasan wisata Hi,a Beach dimana pada tanggal 27 Oktober 2020 lalu Bupati Sikka Roby Idong menabur ribuan bibit bandeng secara simbolis sesaat sebelum peresmian pantai Wisata Hi,a Beach.

Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Yoseph Laga Ribu pemilik tambak bandeng dan Kepala Desa Lewomada Dominikus Pondeng belum berhasil dikonfirmasi, akibat sulitnya jaringan seluler diwilayah tersebut.

Penulis : Largus Ogot

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media