Berita

Kupang, 9 April 2021; Media Suara Kampung

Pasca Badai Siklon Seroja, Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung (APPeK) NTT langsung membuka Posko Bantuan Bencana. “Kita akan memberikan perhatian khusus kepada korban yang rentan seperti ibu Hamil, Ibu Menyusui, Bayi, Balita, Anak, Perempuan Kepala Keluarga dan Penyandang Disabilitas” ujar Koordinator Umum Bengkel APPeK Vinsensius Bureni, S.Sos saat memimpin rapat di kantornya, (6/4/2021). Vinsen menjelaskan, bencana ini sangat tinggi resikonya bagi kelompok rentan,  seperti serangan penyakit, rendahnya akses terhadap informasi bantuan, trauma bencana, kebutuhan khusus difabel yang tidak terpenuhi, terbatasnya asupan pangan dan gizi. Jadi, posko ini sebagai bentuk kontribusi Bengkel APPeK, Donatur, Perseorangan dan jaringan organisasi yang ada untuk ikut memulihkan situasi pasca bencana.

Semua staf menjadi tim relawan, mulai Rabu pagi sampai hari Sabtu, kita sudah lakukan penyisiran kebutuhan mendesak para korban untuk didata, dan kita prioritaskan wilayah paling terdampak.

 

Selanjutnya penanganan korban bencana siklon seroja ini, akan dilakukan oleh tim relawan yang berasal dari staf Bengkel APPeK maupun mitra-mitra kita di wilayah terdampak. Kita mengajak masyarakat, perseorangan, donatur, mitra dan jaringan organisasi agar dapat bergotong royong dengan berdonasi melalui Rekening Bank atau alamat posko Bengkel APPeK Peduli Bencana Siklon Seroja.

Vinsen menegaskan, bantuan para pihak, kami pastikan akan disalurkan tepat pada sasaran, dan dilakukan secara transparan dan akuntabel.

Senada dengan itu, Koordinator Tim Relawan Largus Ogot menjelaskan, saat ini koordinasi dan identifikasi korban sedang dilakukan, beberapa korban, kita sudah mulai bantu sesuai dengan kondisi jumlah bantuan yang masuk ke Posko dan saat ini banyak korban yang membutuhkan air bersih,  ujar Largus di Kantor Bengkel APPeK NTT (9/4/2021). ***

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media