Berita

Bengkel APPeK NTT Menggelar Diskusi Pemetaan Kebutuhan Pelatihan Bagi CSO/Kelompok Usaha/BUMDes di desa Pukdale, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang pada hari Jumat, 10 September 2021.

Kegiatan diskusi ini merupakan salah satu program Bengkel APPeK NTT dengan dukungan Yayasan Alfa Omega (YAO), Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Uni Eropa. Sedangkan nama progrmanya adalah ENVISION (Enabling Civil Society For Inclusive Economic Development) yang artinya Memampukan Organisasi Masyarakat Sipil Dalam Pembangunan Ekonomi Desa Yang Inklusif Melalui Pendampingan Bagi CSO, Fasilitator D esa dan BUMDes di Kabupaten Kupang.

Diskusi Pemetaan BUMDes Di Kantor Desa Pukdale

Pelaksanaanya kegiatan ini melibatkan 10 orang perwakilan dari ketiga desa yaitu desa Oesao tiga orang, desa Tuapukan tiga orang, desa Pukdale empat orang dan difasilitasi oleh Bengkel APPeK NTT sendiri.

Dalam sambutan wakil direktur Bengkel APPeK NTT Tarsisius Tani menejelaskan dua tujuan besar terselenggaranya kegiatan diskusi tersebut ’’Pada kesempatan ini Bapak Ibu sekalian kami dari bengkel APPeK bekerja sama dengan YAO (Yayasan Alfa Omega) kemudian dengan Wahana Visi Indonesia ada satu program namanya Envision. Program Envision ini yang tujuannya memberikan penguatan kapasitas kepada CSO, kelompok masyarakat, termasuk BUMDes dan yang kedua kami akan mendapatkan informasi atau masukan dari CSO/Pelaku Usaha/BUMDes Tentang Metode Pelatihan yang dibutuhkan. Ujar Tarsi

Ia kemudian mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar memberikan informasi tentang keberadaan BUMDes dan Kebutuhanya “harapannya kita adalah kita semua yang yang hadir bisa memberikan informasi tentang bagaimana keberadaan kita dalam  hubungannya dengan BUMDes, dalam hubungan kerja kelompok masyarakat dan bagaimana dukungan kita terhadap pola tata kelola pemerintahan desa kita dalam mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Ujarnya

kepala desa Pukdale sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh Bengkel APPeK NTT “Tentu kami sangat menyampaikan limpa terimakasih kepada teman-teman dari Bengkel APPeK NTT yang memberikan perhatian kepada kami sehingga kami bisa menimba ilmu dan memberikan tentang perkembangan dan kebutuhan BUMDes di desa kami masing-masing”. Ungkapnya

kemudian ia menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, maka kedepanya BUMDes akan dibenahi dan membuata terobosan baru ”kawan-kawan dari Bengkel APPeK bisa memberikan kontribusi bagi kami sehingga kami dapat membuat pembenahan dan terobosan bagi BUMDes  kami agar kedepanya dia akan berkembang dan menjadi tumpuan harapan bagi kami sehingga BUMDes kami bisa berkembang dengan baik”. Ujarnya

Diakhir  sambutanya, kepala desa Pukdale sangat mengharapkan kepada seluruh pesrta agar mengikuti kegiatan diskusi dari awal hingga selesai sehingga ilmu-ilmu yang disampaikan oleh teman-teman dari Bengkel APPeK bisa membantu perkembangan BUMDes ke depanya.

Penulis : Naldo Jebadu

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media