Berita

Senin, 13 September 2021, Bengkel APPeK dengan dukungan YAO, WVI dan Uni Eropa dalam program ENVISION (Enabling Civil Society For Inclusive Vilage Economic Development) melakukan Kegiatan Diskusi Pemetaan Kebutuhan Pelatihan CSO/BUMDes di Kecamatan Amarasi yang diikuti oleh tiga Desa Dampingan yaitu Desa yaitu Desa Ponain, Desa Oesena dan Desa Tesbatan 2. Kegiatan ini juga berlangsung di 7 Kecamatan lainnya yaitu di Kecamatan Kupang Barat, Am Abi Oefeto, Am Abi Oefeto Timur, Takari, Amfoang Selatan dan Kupang Timur.

Kegiatan diskusi di Kecamatan Amarasi ini berlangsung di Aula Kantor Desa Ponain, dengan peserta diskusi berjumlah 10 orang yang didalamnya ada Pengurus BUMDes,  Fasilitator Desa, CSO, dan Pemerintah Desa dari tiap tiga Desa Dampingan serta Fasilitator dari Bengkel APPeK. Kegiatan diskusi ini berjalan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yaitu peserta menggunakan masker dan menjaga jarak.

Hendry E. Noth selaku Kepala Desa Ponain membuka Kegiatan diskusi secara resmi, selanjutnya Vinsensius Bureni, Direktur Utama Bengkel APPeK, dalam awal diskusi menyampaikan hal agar seluruh peserta diskusi dapat menyampaikan informasi terkait dengan bagaimana keadaan pengelolaan BUMDes yang ada disetiap Desa dengan sejujur-jujurnya agar Bengkel APPeK bersama YAO, WVI dan Uni Eropa dalam program ENVISION dapat dengan tepat menemukan apa saja langkah-langkah kedepan yang bisa dilakukan untuk memperkuat tatakelola organisasi BUMDes serta meningkatkan peran aktif warga dalam pengelolaan BUMDes bagi Kesejahteraan Warga Desa.

Hal-hal yang menjadi perhatian dalam Diskusi ini yaitu terkait bagaimana Situasi Manajemen BUMDes selama ini, apa saja tantangan dalam pengelolaan BUMDes dan apa saja yang dibutuhkan BUMDes untuk menguatkan Sumber Daya Manusia.

Diakhir diskusi Fasilitator Bengkel APPeK, Vinsensius Bureni mengharapkan agar semua peserta diskusi untuk benar-benar berkomitmen dan serius mengikuti pelatihan yang nanti akan dilaksanakan, karena dilakukan pelatihan seperti apapun tetapi realisasi tidak ada maka sama saja. Kepala Desa Ponain, Hendry E. Noth sebelum menutup kegiatan diskusi secara resmi  juga menyampaikan agar semua hadir dalam diskusi ini dapat mengambil satu sikap agar dapat memajukkan BUMDes di Desa kita masing-masing.

Penulis : Rima Zogara

Author: Rima ZogaraEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media