Berita

bengkelappek.org, Mendorong Penguatan ekonomi komunitas Sekolah, Bengkel APPeK NTT melaksanakan sosialisasi program Sekolah aman di SDN Dendeng desa Noelbaki dan SDN Tetelek desa Manusak, Kabupaten Kupang.

Bengkel APPeK (Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung) NTT dan YAPPIKA ACTIONAID bekerjasama dalam melaksanakan program Sekolah aman yang didanai oleh Pine Apple. Sedangkan sasaran dari program ini adalah komunitas Sekolah yang terdiri dari guru, giswa, komite dan orang tua siswa di SDN Dendeng dan Tetelek.

Program ini untuk mendorong pendidikan Sekolah Dasar yang aman dari aspek sarana prasarana (infrastruktur) dan mendorong kebijakan anggaran yang respon terhadap pendidikan dasar. Akan tetapi, program sekolah aman dalam jangka waktu satu tahun ke depan lebih focus pada aspek penyadaran kritis  terhadap kesehatan, penguatan ekonomi komunitas sekolah dan tanggap bencana.

Hal diatas kemudian disampaikan oleh koordinator program Tarsianus Tani, ia menyampaikan “pada tahun-tahun sebelumnya focus program ini ada di 20 Sekolah. Akan tetapi mulai tahun 2021 fokus program ini hanya kepada dua sekolah yaitu SDN Dendeng desa Noelbaki dan SDN Tetelek desa Manusak” ujarnya.

Peserta Diskusi Program Sekolah Aman Di SDN Tetelek, Desa Manusak, Kabupaten Kupang, Sabtu,02 Oktober 2021 (Sumber: Dokumentasi Fera)

Lebih lanjut wakil direktur Bengkel APPeK itu menjelaskan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya kita gencar melakukan pembangunan infrastruktur kepada 20 Sekolah akan tetapi dari sekian banyak sekolah tersebut hanya ada dua sekolah yang memiliki fasilitas bagus “tadi bapak kepala Sekolah bilang, fasilitas kami sudah bagus. Ya maka dari itu kami datang lagi, lalu pertanyaan kenapa harus datang lagi? Sekolah aman bukan hanya aman dari ruangan yang kita tempati saat ini. Tetapi, arti penting dari sekolah aman yaitu kita akan melihat dari aspek kesehatan, ekomomi dan siaga bencana”lanjutnya.

Dalam mendorong penguatan ekonomi komunitas sekolah dimaksudkan untuk memberikan penguatan kapasitas bagi orang tua siswa yang tergabung dalam kelompok usaha terutama disektor usaha produktif, aspek kesehatan mendorong penyadaran keomunitas Sekolah  terhadap aspek kesehatan seperti gizi anak dan kekerasan kepada anak, sedangkan dari aspek tanggap bencana komunitas sekolah penting untuk memahami tanggap bencana dan langkah-langkah antisipasi untuk menghindari resiko bencana yang berdampak pada kehidupan bahkan proses pembelajaran di Sekolah.

Untuk diketahui kegiatan sosialisasi program Sekolah Aman dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober 2021 bertempat di SDN Dendeng dengan jumlah peserta 30 orang sedangkan pada tanggal 02 Oktober 2021 bertempat di SDN Tetelek peserta hadir  berjumlah 26 orang.

Penulis : Naldo J

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media