Berita

bengkelappek.org, Program yang dikembangkan saat ini memiliki manfaat berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kualitas hidup seperti kualitas pendidikan bagi anak-anak, kesehatan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.

Hal tersebut disampaikan oleh kordinator program Tarsianus Tani “pada tahun ini program ini lebih memperluas lagi aspek aman, sehingga kita mendorong lagi soal penguatan ekonomi orang tua siswa yang pada hari ini kita undang dan masih ada aspek lain yaitu aspek kesehatan dan siaga bencana” ujarnya.

Wakil direktur Bengkel APPeK NTT itu juga menyampaikan kegiatan pembentukan kelompok usaha perempuan kmunitas sekolah yang dilaksanakan pada saat ini merupakan serangkaian dari kegiatan dalam konteks program sekolah aman.

“kenapa kegiatan pembentukan kelompok perempuan harus disekolah?  karena basis pendampingan kita ada di sekolah,itu yang harus diketahui oleh bapak ibu sekalian”lanjutnya.

Pembentukan kelompok usaha perempuan komunitas sekolah memiliki semangat untuk dapat mengakomodasi berbagai kepentingan kelompok perempuan terutama berkaitan dengan penguatan kapasitas, pengetahuan dan keterampilan.

“Pada kesempatan ini dalam pembentukan kelompok, pertama dalam pendampingan kita kedepan memudakan kita untuk mengorganisir, penguatan kapasitas (pelatihan, belajar dan diskusi), lebih muda memotret perkembangan usaha ibu-ibu ditingkat kelompok” pungkasnya.

Foto Kepala Desa Manusak Sedang memberikan Sambutan (Rabu, 24/11/2021) Di SDN Tetelek

Sedangkan kepala desa Manusak Arthur X. Sia  menyampaikan rasa terimakasih kepada Lembaga Bengkel APPeK  NTT “Pada kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih kepada Bengkel APPeK karena pada 3 atau 4 tahun lalu bersama-sama dengan kita untuk memfasilitasi renofasi dan pembangunan gedung sekolah” imbunya .

Kemudian ia menyampaikan kelompok dapat membangun jaringan dan kerjasama dengan pihak lain sehingga dengan membangun kemitraan tersebut kelompok akan lebih produktif dan kreatif.

“usaha-usaha kelompok perempuan ini memang kita kembangkan baik dari keluarga, pemerintah, NGO kita diharapkan kerjasama atau saling komunikasi untuk membangun ekonomi masyarakat terutama masyarakat desa manusak yang cukup padat” lanjut kades Manusak.

Bahkan pemerintah desa Manusak  telah menyediakan tempat yang bisa digunakan oleh kelompok tanpa ada pungutan dan merencanakan untuk mengalokasikan anggaran ditahun 2022 “Kami dari pemerintah desa dan jika memang anggotnya 10 orang maka kami tawarkan bahwa kita sudah membangun fasilitas dan mereka bisa gunakan tanpa harus  bayar yang penting lingkunganya aman dan sehat.kemudian kita untuk perencanaan kedepan tahun 2022 kita bisa mensuport dari sumber pendanaan yang ada” lanjutnya.

Untuk kegiatan pembentukan kelompok usaha perempuan yang dilaksanakan pada hari Rabu (24/11/2021) bertempat di SDN Tetelek dengan menghadirkan 10 orang yang merupakan orang tua siswa dan direkomendasikan oleh pendamping lapangan program. Sedangkan pihak lain yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru, comite sekolah, pemerintah desa, staf Bengkel APPeK dan mahasiswa.

Penulis : Naldo J

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media