bengkelappek.org, Momen penting untuk mejadi catatan sejarah perjalanan kelompok Tunas Harapan Manusak karena Bengkel APPeK NTT yang bekerjasama dengan YAPPIKA ActionAid menyerahkan bantuan  modal usaha sebesar Rp.15.000.000 pada tanggal 18/03/2022 bertempat di SDN Tetelek, Desa Manusak, Kabupaten Kupang.

Koordinator Program, Tarsianus Tani dalam sambutanya menyampaikan bantuan ini diberikan karena melihat kipra perjalanan kelompok sejak dibentuk pada beberapa bulan yang lalu dan telah melakukan penguatan kapasitas (soft skill dan hard skill).

“Sampai pada hari ini kami melihat kekompakan, konsistensi tim berjalan dengan baik dan kami bersepakat  sudah layak  diberikan bantuan. Nah, yang kita lakukan hari ini tentu bukan menjadi akhir dari segalanya dalam proses penguatan kelompok”,ungkapnya.

Beri bantuan modal merupakan sebuah spirit semangat baru agar bisa beraktivitas dalam mengembangkan usaha dan keaktifan kelompok untuk menjalankanya lebih tingkat lagi.

“Harapan kita bahwa modal yang kita berikan ini jangan jadi momok perpecahan, jangan jadikan momok untuk memunculkan kecemburuan social diantara anggota. Jadi, modal usaha ini benar-benar untuk menopang kegiatan usaha yang dijalankan oleh kelompok”, lanjut Tarsi.

Lebih lanjut ia mengingatkan bahwa ketika modal sudah ada di kelompok maka pembukuan harus diurus dengan baik. Sedangkan pada aspek program, konsentrasi kedepan mengurus aspek kesehatan dan penanganan respon bencana.

Selain bantuan modal yang diberikan oleh Bengkel APPeK, kelompok Tunas Harapan Manusak juga mendapatkan bangunan kantin yang diberikan oleh pemerintah desa dalam menjalankan usaha dengan menandatangani surat perjanjian pemeliharaan bangunan.

Foto Penyerahan Surat Penggunaan Bangunan Kantin Sekolah Dari Pemerintah Desa Manusak Kepada Kelompok Tunas Harapan Manusak Pada Hari/Tanggal :Jumad, 18 Maret 2022

“Kita tidak memungut biaya, tetapi jika program ini selesai dan kelompok tidak menjalankan usaha maka saya harapkan pihak kelompok untuk bisa mengembalikan bangunan ini kepada pemerintah desa agar bisa dipergunakan oleh pihak sekolah atau masyarakat yang lain”,tegasnya.

Ia juga mengharapkan agar bangunan itu dibersihkan, pergunakan untuk kegiatan jual-menjual dan dirawat untuk kepentingan usaha. Serta sekecil apapun itu harus disyukuri, jangan lihat apa yang orang berikan tetapi makna pemberian itu, apa yang bisa kita hasilkan.

Sedangkan Ketua kelompok Tunas Harapan Manusak, Zelia Pinto megungkapkan rasa terimakasih kepada pihak yang sudah memberikan bantuan materil maupun moril untuk mendukung eksistensi kelompok.

“saya mewakili kelompok menyamaikan terimakasih kepada Bengkel APPeK dan Yappika ActionAid yang sudah memberikan bantuan modal usaha, pemerintah desa Manusak yang telah memberikan bantuan aset desa yaitu kantin sekolah dan SK dan kepala sekolah SDN Tetelek yang selalu memberikan dukugan dan memotivasi kepada kelompok”,ungkapnya.

 “Semoga kedepan kami selalu kompak dan semangat dalam menjalankan kegiatan produksi. Harapanya, semoga kelompok kami semakin berkembang dan segala dukungan yang diberikan kepada kami, akan kami manfaatkan dengan baik”,imbunya.

Kegiatan peyerahan bantuan modal usaha ini dihadiri oleh 22 orang yang terdiri dari kelompok Tunas Harapan Manusak 10 orang, pemerintah desa 4  orang, pihak Sekolah SDN Tetelek 3  Orang dan Bengkel  APPeK  NTT 5 Orang.

Penulis : Naldo J.

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.