Berita

bengkelappek.org, Lomba menulis sekolah sehat dan aman untuk anak sekolah dasar, salah satu kegiatan program Sekolah Aman. Program ini bagian kerja sama Bengkel APPeK NTT dengan YAPPIKA ActionAid yang didanai oleh PENNY APPEAL. Ada 15 siswa SDN Tetelek mengikuti lomba menulis cerita sekolah sehat dan aman, pada selasa, 22/03/2022 di SDN Tetelek, Desa Manusak, Kabupaten Kupang.

Lomba menulis yang melibatkan 15 siswa SDN Tetelak menjadi wadah belajar menulis untuk siswa sekolah dasar. Melihat dan membaca pandangan siswa sekolah dasar tentang sekolah sehat dan aman.

Peserta yang mengikuti lomba dikategorikan berdasarkan kelas. Kategori lomba antar siswa kelas 6, kelas 5, kelas 4, kelas 3, kelas 2 dan kelas 1. Masing-masing kelas ditentunkan juara 1,2,dan 3 melalui penilaian 3 juri. Adapun juri lomba, guru SDN Tetelek, Ibu Aplonia Amsikan, staf Bengkel APPeK, Naldo Jebadu dan Kristin Adal.

Kepala sekolah SDN Tetelek menyambut baik perlombaan ini. Beliau mengatakan. Lomba menulis ini merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak. Menurutunya lomba bukan hanya soal hadiah yang didapat tapi melatih anak-anak menulis yang indah,bersih dan rapi.

Koordinator program sekolah sehat dan aman, Bengkel APPeK NTT, Tarsi Tani, pada akhir perlombaan, 22/03/2022,  mendorong anak-anak untuk tidak berhenti menulis dan terus belajar.

“Adik-adik terus membaca buku. Buku apa saja, termasuk membaca buku berkaiatan dengan sekolah aman dan sehat. Baca buku yang sesuai dengan kemampuan belajar adik-adik. Harapannya mulai hari ini terus melatih untuk menulis. Siapa yang tahu adik-adik bisa menjadi penulis buku suatu waktu. Membaca menulis untuk masa depan adik-adik. Yang lebih baik lagi untuk menjadi generasi penerus bangsa”, ungkap Tarsi.

Keterbatasan waktu dalam perlombaan ini menentukan juara tiap kelas, maka pengumuman juara dilakukan pada 24/03/2022, di SDN Tetelek.  Siswa dan guru wali sangat antusias mendengar pengumuman juara lomba. Karena tiap siswa yang juara mendapat hadiah uang. Hadiah untuk juara 1 sebesar Rp. 200.000,00, juara 2 Rp.150.000,00, dan juara 3 Rp. 100.000,00. 

Foto Penyerahan Juara Lomba Menulis Cerita Tentang Sekolah Sehat Dan Aman Di SDN Tetelek Pada Tanggal, 24/03/2022 (Sumber: Dokumentasi Kristin) 

Salah satu peserta lomba menulis, siswa kelas V SDN Tetelek, yang meraih juara satu untuk kategori kelas V, Fransiska Ranian Lajung, mengaku bahagia. Siswi yang kerap disapa Nian di sekolahnya terpilih sebagai juara di kelasnya. Uang hadiah yang dia peroleh dari lomba digunakan untuk membeli alat tulis dan buku bacaan.

Pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada hari Kamis, 24-03-2022 di SDN Tetelek. Kategori juara berdasarkan kelas;

Kelas 1

Juara 1: Christian Realino Seubelan

Juara 2: Anugrah Umbu  

Juara 3: Silvia Ola Pereira

Kelas 2

Juara 1: Marsiana  Sestao

Juara 2: Anggun Lake

Kelas 3

Juara 1: Demunsen Antonia N. Giri

Juara 2: Kasmirani Benedietha

Juara 3: Juandi Aryanto Nomleni

Kelas 4

Juara 1: Greiza Pellondou

Juara 2: Yohanes Maria V. Pandur

Kelas 5

Juara 1: Fransiska  Ranian  Lajung

Juara 2: Marselina E.C Preto

Juara 3: Vanesa Febronia Soares

Kelas 6

Juara 1: Mersiana Elisabet Nahak

Juara 2: Yengy G.S Weo Hay 

 

Penulis : Elin Zere

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media