Berita

bengkelappek.org, Sekolah memiliki peran penting dalam mewujudkan budaya sehat.  Sebagai lingkungan tempat siswa belajar bersosialisasi dengan teman dan guru, sekolah menjadi tempat yang aman dan sehat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudukan sekolah sehat dan aman melalui pelatihan dokter cilik, agar Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bisa berjalan.

Dalam upaya mewujudkan sekolah aman dan sehat, LSM Bengkel APPeK NTT yang bekerja sama dengan YAPPIKA Action-Id melakukan pelatihan dokter cilik di SDN Dendeng, pada Sabtu (9/04/2022). Kegiatan ini diikuti siswa kelas I,2,3,4, dan 6 yang berjumlah 10 siswa,  Pelatihan dokter cilik  ini melibatkan  1 perawat kesehatan gizi dan 1 perawat kesehatan gigi dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tarus, sebagai pemateri dalam pelatihan dokter cilik.

Kegiatan pelatihan ini dimulai dengan pemaparan materi tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).  Upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pengenalan kotak P3K (Pertolongan Pertama Kepada Korban Kecelakaan) dan alat-alat di dalamnya.  Para siswa juga diberikan materi tentang gizi seimbang dan makanan yang sehat, khususnya mengenali dan menghindari jajanan yang tidak sehat.

Para siswa yang terlibat dalam pelatihan ini sangat semangat menyimak materi yang disampaikan. Tidak segan mereka meminta pemateri mengulangi bagian yang belum dimengerti dan dicatat kembali dalam catatan mereka. Pelatihan ini juga diselingi dengan ice breaking untuk membangkitkan semangat para peserta.

Seusai  pemaparan materi, para siswa langsung melakukan praktek P3K. Para siswa ini dilatih menolong teman yang terluka dan berdarah menggunakan alat dan obat yang ada di kotak P3K. Cara menolong teman yang patah tulang dan membopong teman yang pingsan. Mereka juga dilatih cara mengukur tinggi dan berat badan menggunakan alat ukur.

Pada penghujung kegiatan pelatihan, fasilitator dari LSM Bengkel APPeK, Bastian Jawa, meminta sekolah mendukung program UKS. Para guru pendamping harus membantu dokter cilik melakukan tugasnya di UKS.

Penulis: Kristin Adal

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media