Berita

bengkelappek.org, SDN Binilaka merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di Kabupaten Kupang tepatnya di Desa Oeltua Kecamatan Taebenu. Letaknya tidak jauh dari kota Kupang, bahkan keberadaan sekolah ini lebih tepat dikatakan berada di pinggiran Kota Kupang.

Meskipun berada di pinggiran ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, SDN Binilaka nyaris tak diperhatikan oleh pemerintah Kabupaten Kupang. Sejak didirikan pada tahun 2015 silam SD Negeri ini hanya menggunakan gedung PAUD tepatnya samping gereja Petra. Selain menggunakan gedung tersebut, pihak sekolah juga memanfaatkan rumah warga dalam menjalankan aktifitas belajar mengajar.

Selama 5 tahun, siswa-siswi mengikuti proses KBM dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana sekolah dan dalam kegiatan KBM anak-anak bisa duduk 5 sampai 6 orang di 1 bangku yang sekiranya cuman bisa memuat 3 orang siswa saja. Ironisnya lagi ketika provinsi NTT dilanda bencana angin Siklon Tropis Seroja pada tahun 2021 yang lalu,  SDN Binilaka juga mendapat dampak yang parah dari bencana tersebut.

Akibat dari bencana tersebut, SDN Binilaka mengalami kerusakan berat sehingga Kepala Sekolah dan pihak komite mengambil keputusan untuk membangun gedung sekolah yang baru di tanah yang telah diberikan oleh Kepala Desa Oeltua. pembangunan gedung sekolah yang baru ini dengan menggunakan dana swadaya masyarakat (orang tua siswa) dan sejak 3 bulan yang lalu gedung sekolah yang baru telah selesai dibangun. Meskipun dalam kondisi keterbatasan sarana prasarana yang kurang memadai, pihak sekolah masih tetap menjalankan proses belajar mengajar.

Bertolak dari latar belakang sekolah diatas, maka pihak Bengkel APPeK NTT melalui program Sekolah Aman yang bekerjasama dengan YAPPIKA  ActionAid melakukan Survey terhadap sekolah-sekolah yang terdampak Badai Siklon Tropis Seroja di kabupaten Kupang. Dari hasil survey tersebut Bengkel APPeK menemukan beberapa sekolah mengalami rusak berat  dan salah satunya SDN Binilaka. Kondisi sekolah yang masih mengalami kekurangan sarana prasarana dan fasilitas lainya, SDN Binilaka  terpilih sebagai sekolah yang akan dibantu oleh Bengkel APPeK bersama YAPPIKA ActionAid. Bantuan yang berikan berupa meubeler yaitu 40 kursi, 40 meja, 2 paket meja guru dan 2 white board.

Melalui wawancara singkat yang dilakukan team media Suara Kampung terhadap seorang siswa kelas 6 SDN Binilaka bernama Aprilia Stesya Bahas, memberikan kesannya ketika mendapat bantuan ini.

“Sejak saya masuk sekolah disini kursi dan meja sudah dalam keadaan banyak yang rusak. Saya senang ketika sekarang mendapatkan bantuan kursi dan meja sehingga kedepan saya lebih semangat lagi dalam belajar”, ungkap Teysa.

Sedangkan Kepala Sekolah SDN Binilaka dalam sambutanya mengatakan bahwa “Bengkel APPeK adalah pihak yang pertama menawarkan bantuan kepada pihak sekolah kami sehigga kami merasa sangat bersyukur, Bengkel APPeK seperti dikirim Tuhan untuk membantu dan menjawab doa kami selama ini sehingga kami sangat berterimakasih kepada Bengkel APPeK bersama YAPPIKA ActionAid yang sudah memberikan perhatiannya kepada kami”, ujarnya.

Hadir pula perwakilan dari pemerintah Kabupaten Kupang yang diwakili Kabid PKSD menyampaikan dalam sector pendidikan pemerintah tidak berjalan sendiri sehinga selalu berkolaborasi dengan teman-teman LSM atau NGO yang bergerak di Kabupaten Kupang.

“Kami mencatat Bengkel APPeK sudah banyak menjalankan program di Kabupaten Kupang di sekolah-sekolah yang telah dibantu dalam pembangunan dan perbaikan sekolah, ini merupakan kebanggaan dan kami pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang melimpahkan banyak terimakasih kepada pihak Bengkel APPeK beserta YAPPIKA ActionAid yang sudah banyak membantu”,ungkapnya.

Wakil Direktur Bengkel APPeK, Tarsianus Tani, memberikan harapan bahwa “bantuan yang diberikan Bengkel APPeK bersama YAPPIKA ActionAid semoga bermanfaat sehingga bisa membantu siswa dalam mengikuti proses KBM di sekolah ini dengan baik. cita-cita kita dalam aspek  pendidikan yaitu mendorong kualitas pendidikan dan memberi rasa nyaman terhadap anak-anak agar bisa belajar di sekolah selain siswa juga bagi bapak ibu guru yang mengajar”,ujar Tarsi.

Kegiatan pemberian bantuan ini dilaksanakan pada Rabu 13 April 2022 yang bertempat di SDN Binilaka, acara dimulai pukul 11.00 WITA hingga 13.00 WITA yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SDN Binilaka, pihak komite sekolah, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Kupang yang diwakili oleh Kabid PKSD, Pemerintah Desa Oeltua yang diwakili oleh Bapak Kepala Dusun, pihak Bengkel APPeK, guru-guru SDN Binilaka dan murid-murid SDN Binilaka.

Acara berlangsung dengan penuh kegembiraan, antusias dari guru dan murid sangat terlihat. Mereka dengan sabar menunggu mobil pengantar meubeler datang dan menyambut dengan teriakan bahagia bahkan senyum kebahagiaan ketika barang-barang tiba di sekolah. mereka bersemangat membantu mengangkat meja dan kursi lalu menata dikelas mereka masing-masing, raut kebahagiaan benar-benar terpancar diwajah anak-anak murid  dan guru-guru SDN Binilaka

Penulis: Elin Sereh

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media