Berita

bengkelappek.org, Nusa Tenggara Timur merupakan daerah yang rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan tanah longsor. Sedangkan iklim tropis telah menimbulkan potensi bencana banjir, kebakaran hutan, angin kencang dan kekeringan. Untuk menghadapi berbagai potensi bencana tersebut, diperlukan upaya penanggulangan bencana sebagai serangkaian upaya meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang menurunkan risiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

Melalui program Sekolah Aman Bengkel APPeK NTT yang bekerjasama dengan YAPPIKA ActionAid melaksanakan kegiatan pelatihan siswa tanggap bencana untuk siswa SDN Dendeng, desa Noelbaki, Selasa (14/06/2022). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan,ketahanan masyarakat dan komunitas sekolah dari situasi kerentanan.

Fibionanci De Fretes, pendamping lapangan program Sekolah Aman mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan sekolah yang aman. Jadi, ada tiga bidang yang selama ini kami lakukan yaitu bidang ekonomi, kesehatan dan kebencanaan.

“Terkait dengan kebencanaan kami berkoordinasi dengan BPBD sebagai mana kita ketahui bahwa SDN Dendeng ini berada di dusun dendeng dan adalah salah satu sekolah yang rawan bencana. Sehingga ini menjadi fokus dari salah satu kegiatan kami dari tahun lalu pasca bencana seroja”ujarnya.

Lebih lanjut Nanci mengharapkan agar siswa-siswi mengikuti kegitan ini dengan baik karena ada materi yang disampaikan oleh komunitas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang sehingga perlu dicatat kemudian dapat memahaminya dengan baik.

Sedangkan kepala sekolah SDN Dendeng, Susana S.E.Benufinit, dalam sambutanya menyampaikan terimakasih kepada Bengkel APPeK dan YAPPIKA  ActionAid yang sudah kerjasama dalam membangun SDN Dendeng.

“Bengkel APPeK dan YAPPIKA tidak bosan-bosannya memberikan kesempatan kepada kami untuk bekerja sama. kami merasa berterima kasih kewat semua ini selalu mendukung kami. Dengan adanya bantuan gedung dan macam-macam kami dapat bangkit untuk melakukan kegiatan baik belajar maupun mengajar dengan penuh tanggung jawab oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Bengkel APPeK dan YAPPIKA mereka melihat dari hasil kerja kita sehingga kerja sama ini dapat berlanjut terus”ujarnya.

Berdasarkan pantauan tim media Suara Kampung, narasumber dalam kegiatan ini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang, Komunitas Sekolah dan difasilitasi oleh tim program Sekolah Aman Bengkel APPeK. Sedangkan pesertanya terdiri dari siswa SDN Dendeng, Guru dan  komunitas Dendeng Nekmese.

Penulis: Naldo J.

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media