Berita

bengkelappek.org, Dokter cilik adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

Salah satu tugas dokter cilik yaitu berperan aktif dalam rangka peningkatan kesehatan antara lain berusaha menjaga kesehatan lingkungan sekolah, membantu guru dan petugas kesehatan pada pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah.

Melalui program sekolah aman, Bengkel APPeK NTT bekerjasama dengan YAPPIKA ActionAid melaksanakan sosialisasi dokter cilik untuk membantu kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDN Tetelek, Rabu (20/07/2022). Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari siswa SDN Tetelek, Guru dan orang tua siswa yang tergabung dalam komunitas Tunas Harapan Manusak.

Tarsianus Tani, Koordinator program sekolah aman dalam sambutanya menyampaikan ada 10 orang siswa yang sudah dilatih menjadi dokter cilik.

“Pada hari ini mereka sudah menjalankan peranya dengan baik dan kami sangat berterimakasih karena sudah ambil bagian dalam kegiatan ini”,pungkasnya.

Lebih lanjut, wakil direktur Bengkel APPeK itu mengharapkan agar komunitas sekolah mempraktekan kegiatan yang sudah dilakukan baik dari aspek ekonomi, kesehatan dan kebencanaan.

Foto Simulasi Dokter Cilik SDN Tetelek Melakukan Pertolong Pertama Untuk Siswa Yang Mengalami Pusing (Sumber: Dokumentasi Naldo Jebadu)

Sedangkan Yakob Asfes, kepala sekolah SDN Tetelek mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh Bengkel APPeK sangat bermanfaat untuk sekolah.

“Dokter kecil berperan penting di sekolah baik UKS, kebersihan dan kantin sekolah. Ini penting biar sekolah jadi icon untuk masyarakat dan anak-anak bisa sekolah disini”,ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan sambutan dari perwakilan Bengkel APPeK NTT, pengantar dari kepala sekolah SDN Tetelek, perkenalan dokter cilik sekaligus sosialisasi UKS, P3K, kantin sekolah dan cara mencuci tangan yang benar oleh siswa-siswi yang terpilih menjadi dokter cilik. Kemudian dilanjutkan dengan menonton video edukasi yang terdiri dari 4 pilar gizi seimbang, cara melindungi diri dari pelecehan seksual dan cara melindungi diri sendiri. 

Penulis: Naldo J.

 

 

 

 

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media