Berita

bengkelappek.org, Program Sekolah Aman kerjasama Bengkel APPeK NTT dengan YAPPIKA ActionAid melaksanakan sosialisasi peran dokter cilik di SDN Dendeng,desa Noelbaki, sabtu (23/07/2022).

Koordinator program, Tarsianus Tani, mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan program Sekolah Aman yang kita lakukan di SDN Dendeng dan SDN Tetelek.

“Kalau pada bulan yang lalu ada siswa yang mengikuti kegiatan pelatihan dokter cilik, kemudian terlibat juga dalam kegiatan yang berkaitan dengan gizi dan kesehatan. maka hari ini semua siswa SDN Dendeng ikut menyaksikan bagaimana peran dokter cilik yang sudah dilatih itu”,pungkasnya. 

Berkaitan dengan pemahaman peran dokter cilik, ada 10 orang siswa SDN Dendeng yang sudah dibekali ilmu dan pengetahuan melalui kegiatan pelatihan dokter cilik. Sehingga dalam kegiatan ini mereka akan menyampaikan peran dokter cilik dalam mengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Baca Juga:Peran Dokter Cilik, Sekolah Jadi Icon Untuk Masyarakat

“Ketika mendengar apa yang disampaikan dokter cilik, siswa atau teman-teman dari dokter cilik ini harus berpartisipasi dan bisa ambil bagian dalam peran dokter cilik itu. Misalnya kalau ada yang pusing segera ke UKS atau menghubungi dokter cilik. Bahkan kalau ada yang luka karena bermain dan jatuh segera hubungi dokter cilik”,ujarnya.

Foto Dokter Cilik Sedang Mempraktekan Pertolongan Pertama Untuk Siswa Yang Pusing, Sabtu,23/07/2022 (Sumber: Dokumentasi Bastian Jawa)

Karena itu, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat berperan penting untuk  menangani kesehatan di sekolah. Dikutip dari Departemen Kesehatan, UKS merupakan usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasara utama.

Sedangkan kepala sekolah SDN Dendeng, Susana Benufinit, menyampaikan program yang dijalakan oleh Bengkel APPeK NTT ini sangat mendukung kebutuhan sekolah dan peserta didik.

Baca Juga10 Siswa SDN Dendeng Mengikuti Pelatihan Dokter Cilik

“Terimaksih banyak untuk Bengkel APPeK yang sudah menyiapkan kegiatan ini. Ini bukan kegiatan kali pertama, tetapi kegiatan lanjutan yang sudah didukung oleh YAPPIKA ActionAid. Anak–anak diharapkan untuk megikuti kegiatan dengan sunggu-sunggu karena ini kesempatan untuk sekolah kita medapatkan kegiatan seperti ini”,ungkapnya.

Rangkaian kegiatan sosialisasi peran dokter cilik ini diwarnai dengan meonton video edukasi tentang 4 pilar gizi seimbang, cara melindungi diri dari pelecehan seksual dan cara melindungi diri sendiri. Pantauan dari tim media Suara Kampung, siswa-siswi SDN Dendeng sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Penulis: Naldo J.

 

Author: Bengkel AppekEmail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media