Nilai

 

Visi dan Misi Bengkel APPeK yang telah dirumuskan dilandasi dengan nilai-nilai yang ada dalam Bengkel APPeK, sebagai berikut :

 

  • Transparansi
    Informasi menyangkut program dan keuangan lembaga dapat diakses oleh pihak-pihak atau unsur yang menjadi bagian dari lembaga dan pihak-pihak yang berkepentingan
    Strategi program dan pengelolaan keuangan terbuka dan didiskusikan di tingkat internal dengan komunitas yang didukung
    Secara berkala, lembaga mempublikasikan kerja-kerja lembaga maupun status keuangan.
  • Akuntabel
    Pengelolaan program dan keuangan harus dapat dipertanggung gugatkan pada pihak-pihak yang berkepentingan baik internal lembaga maupun eksternal.
  • Basis Aset Komunitas
    Memanfaatkan dan memaksimalkan asset yang dimiliki komunitas untuk mendorong kemandirian dan pemberdayaan.
  • Keadilan Gender
    Kuantitas :  Memastikan aktivitas lembaga baik internal maupun eksternal dilaksanakan secara adil berdasarkan keseimbangan antara perempuan dan laki-laki.
    Kualitas   :  Orientasi kebijakan berpihak kepada kepentingan dan kebutuhan laki-laki dan perempuan.
  • Independen
    Segala kebijakan dan gerakan lembaga bebas dari kepentingan politik praktis
  • Keberpihakan Pada Kelompok Rentan
    Orientasi lembaga dalam mengimplementasikan program dan berbagai macam tekanan kebijakan publik tetap mengutamakan kepentingan dan kebutuhan kelompok rentan.
  • Demokratis
    Dalam pengambilan keputusan untuk kepentingan lembaga maupun publik harus berdasarkan musyawarah-mufakat.
    Melibatkan dan mendengarkan kebutuhan dan kepentingan para pihak dalam pengambilan keputusan.
  • Menghargai keberagaman
    Menghargai perbedaan/keragaman suku, agama, ras, pendidikan, pengalaman sebagai asset dasar dalam seluruh aktivitas lembaga baik internal maupun eksternal.

 

Nilai-nilai di atas menjadi bagian dari perjalan Bengkel APPeK sejak awal berdiri dan akan terus dikembangkan dalam mencapai Visi dan Misi serta perumusan isu-isu strategis yang merupakan orientasi perubahan yang akan dikawal oleh Bengkel APPeK.

Tentang Kami

Bengkel APPeK (Bengkel Advokasi Pengembangan dan Pemberdayaan Kampung) adalah Sebuah Organisasi Berbadan Hukum Perkumpulan dan Bersifat Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan dan Pengembangan TKLD di Berbagai Level, dengan dukungan sumber daya yang berasal dari Iuran Anggota, Dana Hibah dari Berbagai Sumber Baik Lokal, Nasional dan Internasional (Kecuali Dana Hutang Luar Negeri) serta memiliki Wilayah Kerja di Regional Nusa Tenggara.

Bengkel APPeK Social Media