Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Advokasi Bengkel APPeK

Bupati Kupang: “BUMDes Harus Jadi Tulang Punggung Ekonomi Desa”

bengkelappek.org, Pertemuan dan pengukuhan Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang inklusif di Kabupaten Kupang, Kamis, 28/07/2022, Aula Kantor Bupati Kupang.

Foto Bersama Setelah Pengukuhan Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Yang Inklusif di Kabupaten Kupang, Kamis, 28/07/2022 (Sumber: Dokumentasi Elin Sereh)

Kegiatan ini merupakan kerjasama Bengkel APPeK, Yayasan Alfa Omega (YAO) dan Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan dukungan Uni Eropa dalam Program Enabling Civil Sociery for Inclusive Village Economic Development (Envision), dengan tujuan menguatkan organisasi masyarakat  sipil dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Bupati Kupang, Korinus Masneno, dalam sambutanya mengatakan BUMDes harus jadi tulang punggung ekonomi Desa.

“Kehadiran BUMDes harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di desa melalui fungsi pelayanan jasa, perdagangan, pembangunan ekonomi lainnya yang secara stimulan juga mempererat kehidupan sosial dan memelihara nilai nilai budaya di Kabupaten Kupang”,ujarnya.

Korinus juga menambahkan agar LSM dan pemerintah harus membuka akses yang seluas-luasnya bagi pengurus BUMDes.

Pengukuhan Forum Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Yang Inklusif di Kabupaten Kupang Oleh Bupati Kupang, Kamis, 28/07/2022 (Sumber: Dokumentasi Elin Sereh)

“Sekretariat BUMDes harus selalu melakukan pelayanan prima dan memberi bimbingan kepada pengurus BUMDes dengan begitu diyakini bahwa pengelolaan BUMDes dapat berjalan secara profesional, transparan dan akuntabel”,lanjut Korinus dalam sambutannya.

“Para pemimpin OPD ini bukan lagi saatnya kita berteori tapi saatnya kita bekerja dan orang yang bisa bekerja dengan sebaik-baiknya adalah dia yang bekerja dengan hati yang setulus-tulusnya untuk membangun masyarakat di kabupaten Kupang”,tegasnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, ia meminta seluruh pengurus Forum BUMDes di Kabupaten Kupang untuk membantu pemerintah daerah agar bisa mengakselerasikan kemajuan di tingkat desa dan menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan.

 “Tahun 2023 forum BUMDes akan melakukan pembinaan terhadap 20 BUMDes di 8 Kecamatan yaitu Kecamatan Kupang Barat, Semau, Amarasi, Amabi Oefeto, Amabi Oefeto Timur, Kupang Timur, Amfoang Selatan dan Takari.

Ia berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan efektif dan  melaporkan perkembangan secara berkala serta pastikan 20 BUMDes binaan ini lebih unggul bahkan bisa menjadi contoh bagi BUMDes lainnya di Kabupaten Kupang.      

Untuk diketahui, peserta kegiatan ini terdiri dari pengurus BUMDes, Kepala Desa di 20 Desa dampingan, Koordinator BUMDes Tingkat Kecamatan, Camat, OPD, NGO, Sekda, Bupati dan Wakil Bupati Kupang. Kegiatan diawali dengan upacara singkat dan pembacaan SK kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Forum BUMDes Kabupaten Kupang oleh Bupati Kupang. 

Penulis: Elin Sereh

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK