Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Pendampingan & Pemberdayaan

13 Siswa SDN Dendeng Mengikuti Lomba Menulis Cerita Sekolah Sehat dan Aman

bengkelappek.org, Sekolah sehat dan aman untuk semua warga sekolah tercermin dari lingkungan yang bersih dan kondusif. Sasaran sekolah sehat dan aman yang tepat adalah para siswa. Mereka yang  ikut merasakan situasi di sekolah melalui proses belajar dan bermain. 

Foto Bersama Setelah Penyerahan Hadiah Juara Lomba Menulis Cerita Di SDN Dendeng, Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang Pada Tanggal, 05/04/2022 (Sumber: Dokumentasi Elin)

Kondisi sekolah yang aman dan sehat menjadi penunjang keberhasilan proses belajar dan mengajar. Maka untuk menilai kemampuan anak melihat kondisi sekolahnya, literasi menulis sangat berperan penting. Untuk membentuk cara  berpikir kritis dan menyikapi informasi melalui tulisan sederhana mereka.

LSM Bengkel APPeK NTT yang bekerja sama dengan YAPPIKA Action-Id, pada Sabtu (02/04/2022), menyelenggarakan lomba menulis dengan tema sekolah sehat dan aman. Lomba ini menjadi pendidikan literasi menulis dan membaca situasi bagi siswa di sekolah.

Peserta yang terlibat dalam lomba ini, 13 siswa SDI Dendeng. Lomba ini dilaksanakan di ruangan kelas SDI Dendeng dengan menaati protokol kesehatan. Siswa yang terlibat dalam lomba menulis ini mulai dari siswa kelas I sampai kelas VI. Lomba dilakukan antara siswa dalam tiap kelas. Setiap kelas menentukan 2-3 siswa yang mengikuti lomba menulis. Dalam perlombaan menulis ini ada 3 juri yang menilai hasil tulisan siswa. Satu juri dipilih dari guru sekolah dan 2 juri lainnya dari LSM Bengkel APPeK NTT.

Pengumuman juara lomba tidak langsung diumumkan, karena keterbatasan waktu penilaian yang menghabiskan waktu 2 hari. Pada Selasa (5/04/2022) pengumuman juara lomba menulis ditetapkan. Fasilitator kegiatan lomba menulis, Tarsi Tani, mengungkapkan apresiasi terhadap peserta lomba yang sangat antusias dan bersabar menanti hasil penilaian juri. Dan menyampaiakn rasa bangga terhadap anak-anak yang menulis cerita mereka.

“Saya merasa bangga, puas, bahagia terhadap adik-adik yang sudah mengambil bagian dalam kegiatan ini. Harapan kita, menulis ini menjadi inspirasi untuk bisa mengembangkan diri lagi. Siapa tahu adik-adik menjadi penulis buku, menjadi wartawan dan lain-lain. Karena itu, mulai sekarang semangat menulis jangan berhenti hari ini dan harus membaca. Apalagi menulis tentang sekolah kita, dari cara pikir anak-anak melihat sekolah yang sehat dan aman seperti apa” kata Tarsi.

Foto Penyerahan Hadiah Lomba Oleh Salah Satu Dewan Juri Kepada Siswa Di SDN Dendeng Pada Tanggal 05/04/2022 (Sumber: Dokumentasi Elin)

Perlombaan ini disambut baik oleh pihak sekolah, melihat semangat anak-anak untuk mengikuti lomba menulis. Dalam sambutan penyerahan hadiah bagi juara lomba, wakil kepala sekolah SDI Dendeng, menyampaikan terima kasih kepada LSM Bengkel APPeK karena menyelanggarakan lomba di sekolah. Beliau mengatakan lomba ini memotivasi para guru agar mendorong anak-anak menulis cerita dan bercerita sehingga pada saat ada lomba bisa mengikuti dengan baik.

Daftar nama peserta yang juara lomba menulis cerita tentang sekolah sehat dan aman di SDN Dendeng:

Kelas I

  • Celsi D. Reke, juara I
  • Michael Tafuli, juara II

Kelas II

  • Gres Taleus, juara I
  • Kelvin Y. Hornai, juara II

Kelas III

  • Akhas M. Naisunis, juara I
  • Marsya Kasseh, juara II

Kelas IV

  • Susana M.G. Leo Labu, juara I
  • Kristin Manafe, juara II

Kelas V

  • Gavriel J.H. Riwu, juara I
  • Marla Benu, juara II
  • Mifi Sanam, juara III

Kelas VI

  • Jesllyn A.F Hadja, juara I
  • Renata A. Taklal, juara III

 

Penulis : Kristin Adal

 

 

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK