Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Capacity Buildings

Pengalaman mengenal sampai di Desa-Desa

Pedro Gonsales Joseph Ukat- Magang MBKM Jikom Undana 2023

"berkat nama baik dan relasi yang telah di bangun Bengkel APPeK sebelumnya kami di sambut baik di sana"

Pedro Ukat

Halo perkenalkan nama saya Pedro Gonsales Joseph ukat, biasa saya di panggil Pedro.

Saya akan menceritakan pengalaman saya selama 4 bulan melakukan magang di LSM Bengkel APPeK NTT. Pada tanggal 7 Agustus 2023 saya dan teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana di antar oleh dosen pembimbing ke LSM Bengkel APPeK, sesampainya disana kami di sambut dengan baik, kami di beritahu program- program yang ada dan kami pun di bagi dalam beberapa kelompok untuk bergabung dalam program yang sudah ada seperti TII, ICW, VICRA dan Sekolah Aman. Hari pertama masuk saya tidak tau apa-apa dan tidak tau mau kerja apa. Seiiring berjalannya waktu saya dan teman-teman yang tergabung dalam program TII dan ICW di bawah bimbingan om Miju dan Kak Naldo, kami dibagi lagi dalam beberapa kelompok bersama beberapa orang anggota komite pemantauan barang dan jasa, disini saya mendapat bagian melakukan pemantauan dan wawancara di Desa Oeltua Kabupaten Kupang dengan objek remidial pembangunan bendungan Desa Oeltua. Saat turun lapangan di situ saya mulai belajar bagaimana cara berbahasa yang baik dan bagaimana cara membawa diri agar dapat di terima dengan baik di dalam masyarakat. Setelah beberapa hari kami melakukan wawancara kami meninjau langsung dan melihat langsung bendungan Oeltua, di sana memang ada beberapa perubahan namun yang jadi masalah saat itu adalah air dari bendungan tidak mengalir ke bak penampungan yang sudah di sediakan.

Selanjutnya dari program yang sama kami di tugaskan untuk melakukan pemantauan di kota Kupang dan saya mendapat kelompok dengan kak Naldo. Kami berdua mendapat bagian pembangunan jalan di kota Kupang dan gedung mangkrak Dukcapil, saat pergi dan melihat keadaan gedung Dukcapil disana saya sangat terkejut karena yang berdiri hanyalah tiang semen yang sudah di tumbuhi banyak tumbuhan merambat. Setalah meninjau dan melihat lapangan saya dan kak Naldo melakukan wawancara dengan beberapa narasumber terkait gedung mangkrak Dukcapil. Yang saya dapatkan ketika terlibat dalam pemantauan barang dan jasa yaitu saya dapat mengetahui apa itu transparansi dan pentingnya tranparansi dalam kehidupan. Saya juga bisa melihat dan sampai di tempat yang belum pernah saya lihat dan bisa mengenal banyak orang baik di desa dan hal ini membuat saya menambah relasi.

Bukan hanya di Desa Oeltua saja tapi banyak desa dan tempat yang sudah saya kunjungi saat magang di LSM Bengkel APPeK, seperti di Desa Oelatimo saat itu saya dan ka Naldo pergi untuk melakukan wawancara terhadap peternakan sapi mengenai dampak El-nino terhadap peternakan sapi. Saat sampai di sana ternyata banyak warga yang sudah tau Bengkel APPeK saya bingung dan bertanya kepada kak Naldo dan kak Naldo memberitahu saya ternyata Bengkel APPeK pernah membantu membuat ruang kelas SD di Desa Oelatimo, berkat nama baik dan relasi yang telah di bangun Bengkel APPeK sebelumnya kami di sambut baik di sana, sampai ketika kami mencari narasumber pun kami di antar bahkan di temani sampai selesai oleh bapak RT disana. Setelah saya dan kak Naldo selesai melakukan wawancara di Desa Oelatimo kami berdua pun pulang dan kami mengalami kejadian lucu dan menegangkan yang tidak akan pernah saya lupakan, ini menjadi pengalaman yang sangat berharga tentang suka duka bekerja di lapangan.

Setalah 4 bulan berlalu akhirnya karena waktunya untuk kami kembali, pada tanggal 2 Desember 2023 dosen pembimbing pergi ke kantor untuk melakukan penarikan, di saat itu saya merasa terharu karena Bengkel APPeK sudah menjadi rumah kami sendiri,

Saya sangat berterimakasih banyak untuk semua pegawai LSM Bengkel APPeK yang sudah banyak mengajari kami, membimbing kami, melatih kami dan memberitahu apa yang tidak kami tahu sehingga kami mendapatkan banyak pengetahuan. Sekali lagi terimakasih banyak LSM Bengkel Appek NTT.***

 

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK