Selamat Datang di Website Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Capacity Buildings

4 Bulan yang Berkesan di Bengkel APPeK, Sepenggal Kisah Dhevi Kase

Dhevilia D. Kase - Magang MBKM Jikom Undana 2023

"Magang di Bengkel APPeK adalah ukiran terbaik saya sebagai seorang mahasiswa untuk belajar tentang dunia kerja"

Dhevilia D. Kase

Hai!!! Perkenalkan nama saya Dhevilia Dhesmona Kase. Atau sering dipanggil Devi. Saya merupakan salah satu mahasiswi magang Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana Tahun 2023. Pada pahatan tulisan kali ini, saya akan menceritakan sepenggal kisah magang saya di LSM Bengkel APPeK selama kurang lebih 4 bulan.

Menghabiskan 4 bulan untuk magang di Bengkel APPeK adalah ukiran terbaik saya sebagai seorang mahasiswa untuk belajar tentang dunia kerja yang begitu berdinamika. Pada awalnya saya selalu bertanya apa yang mau saya lakukan di sini? Apa timbal balik yang ada di depan? Semua pertanyaan itu menjadi kontradiksi di kepala.

Pada hari pertama, saya merasa asing dan canggung dengan lingkungan kerja. Kami saat itu diminta membentuk kelompok untuk dibagi dalam 3 tim, yaitu Vicra, Sekolah Aman, ICW dan  TI Indonesia. Saya kemudian menjadi bagian dari tim ICW dan TI Indonesia. Di sini awal saya belajar banyak hal. Untuk itu, mari berselancar sejenak dalam cerita kepastian ini.

Di hari-hari berikut, kami dihidangkan sesuap ilmu asing di depan, yakni melakukan penelusuran (tracking) paket pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang dengan menggunakan applikasi pemerintahan yang tidak diketahui. LPSE, SiRUP, SIKAP, Opentender.net adalah tools yang digunakan untuk penelusuran dan bagaimana mengoperasikan tools tersebut.

Tak berhenti di situ saja, kami juga terlibat langsung ke masyarakat untuk melakukan wawancara  terhadap isu yang bahas. Di sini, kami tidak hanya mendengar dan meminta pendapat masyarakat, tetapi saat menemui sang narasumber kami diperhadapkan dengan psikologi masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan informasi kami harus mengerti sang narasumber, salah satu upayanya adalah melakukan pendekatan secara emosional. Di mana, kami harus memahami apa yang masyarakat itu alami atau menepatkan diri pada posisi mereka. Selain itu, ada satu waktu saat kami melakukan wawancara, ada pihak yang pongah atau menolak kehadiran kami, namun saya menilai itu sebagai bentuk antisipasi terhadap orang asing dan ini menjadi tekanan dalam diri (saya mencoba membangun pemahaman ini adalah hal wajar).

Bila bertanya tentang apakah tujuan dari magang sudah tercapai? Maka dengan lantang saya menjawab yah. Magang di LSM Bengkel APPeK sejak bulan Agustus-Desember, saya secara pribadi mengatakan bahwa tujuan magang itu sudah saya capai. Bagaimana saya menerapkan ilmu dan juga teori yang saya dapat, meningkatan soft skill, hingga  manajemen waktu dan diri, dan lain sebagainya.

Diawal tulisan ini saya mendasari pada 2 pertanyaan dasar, maka semua jawaban sudah saya dapatkan. Selama magang saya benar-benar merasakan dunia kerja itu sendiri. Kecekatan dan lincahan serta manajeman diri dan waktu harus berjalan dengan satu waktu, bila saya lalai maka segala hal yang menjadi poin tidak akan tercapai secara maksimal.

Ada beberapa hal selama magang yang menjadi pengalaman luar biasa, yaitu saya pernah terlibat sekali untuk mendengar keluhan masyarakat dan mencatat hal penting sebagai wajah keluhan itu. Kemudian bisa bertemu orang-orang yang selama ini adalah orang yang sangat memperjuangkan nilai-nilai antikorupsi dalam Indonesia. Dari mereka pula, saya mulai termotivasi untuk belajar lebih keras dan mulai menerapkannya pada diri sendiri (nilai antikorupsi)

Di sini saya mempunyai makna LSM Bengekl APPeK tersendiri dalam kamus saya. Mereka bukan sekedar tempat saya belajar, tetapi mereka adalah “Rumah Cita-Cita Masyarakat”. Yang artinya, mereka menjadi tempat untuk mewujudkan mimpi-mimpi masyarakat Nusa Tenggara Timur. Menjadi wadah bagi masyarakat untuk berkembang menjadi baik melalui isu-isu fokus mereka, yakni membentuk sekolah yang aman, nyaman dan inklusif, kesetaraan gender, isu lingkungan, kaum perempuan dan disabilitas, dan lain sebagainya.

Di akhir ini, dengan kerendahan hati dan penuh cinta saya mengucapkan limpah terima kasih karna, suda menjadi wadah saya untuk belajar banyak hal. Semoga ke depan Bengkel APPeK tetap menjadi tempat bagi masyarakat mewujudkan cita-cita mereka.***

#Tagline :

Tim Media
Terbentuk sejak Tahun 2014 dan aktif menyampaikan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bengkel APPeK NTT.
Bengkel APPeK

www.BengkelAPPeK.org

Bengkel Advokasi Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung

Tentang Kami

Kami adalah Organisasi Berbadan Hukum, Perkumpulan Nirlaba yang Melakukan Fasilitasi dan Implementasi Langsung  dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Rentan, Perempuan, dan anak pada Komunitas Desa-Kelurahan, serta Pengembangan TKLD di Berbagai Level.

Alamat

Kantor Bengkel APPeK

Jalan Raya Baumata Penfui
Lingkungan Kampung Baru, RT 024/RW 011
Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang - Nusa Tenggara Timur

Email

bengkel.appek@gmail.com

Media Sosial Bengkel APPeK